-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Kompolnas RI, Minta Polri Tingkatkan Profesionaslitas Personel Hinggah ke Polsek
Kompolnas RI, Minta Polri Tingkatkan Profesionaslitas Personel Hinggah ke Polsek

Kompolnas RI, Minta Polri Tingkatkan Profesionaslitas Personel Hinggah ke Polsek

Foto.- Poengky Indarti, Komisioner Kompolnas RI, saat memberikan perspalan

JAKARTA SPIRITNEWS.- Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas mengatakan Polri perlu meningkatkan profesionalitas penyidik dan penyelidik agar masyarakat tidak perlu memviralkan lagi pengaduan yang mandek di kantor polisi.

Hal ini disampaikan Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, dalam momen HUT Bhayangkara ke-77 yang diperingati 1 Juli 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

“Profesionalitas penyidik dan penyelidik perlu ditingkatkan agar tidak perlu ada pengadu yang komplain dan memviralkan pengaduannya,” kata Poengky saat dihubungi Tempo, 1 Juli 2023.
Poengky mengatakan profesionalits ini perlu karena rentang kendali yang sangat panjang dari Kapolri hingga anggota level terbawah. Oleh karena itu, lanjut Poengky, agar tidak membebani Kapolri dan Institusi Polri, seluruh atasan harus selalu memberikan contoh teladan kepada bawahannya, antara lain memberikan bimbingan serta mengawasi anggota dengan sebaik-baiknya.

“Penting sekali mengupayakan agar Polri dapat meningkatkan dan meratakan profesionalitas anggota,” ujar Poengky.
Peningkatan profesionalitas ini penting bukan hanya di tingkat Mabes Polri atau Kepolisian Daerah, melainkan juga di Kepolisian Resor dan Kepolisian Sektor sampi wilayah pedalaman dan daerah perbatasan. Poengky mengatakan untuk merealisasikan ini perlu pendidikan yang setara serta harus dilengkapi dengan sarana prasarana dan anggaran yang memadai.

Selain itu, Poengky medorong Polri tetap harus melaksanakan mandat Reformasi Kultural Polri dan menjadi polisi yang humanis.

“Kami melihat kinerja Polri sudah cukup baik,”’ujarnya,Kinerja reserse dikeluhkan

Poengky mencatat mayoritas keluhan yang diterima Kompolnas dari masyarakat adalah kinerja reserse, khususnya dalam penanganan kasus yang dirasa lama dan terkadang tidak tertib administrasi, yakni kurang memberitahukan progress penyelidikan dan penyidikan kepada pelapor.

“Ada juga yang mengeluhkan masih adanya pungutan-pungutan dan keberpihakan saat menangani kasus,” ujarnya.

Namun di sisi lain, Kompolnas mencatat masyarakat puas dengan penanganan kasus-kasus yang berbasis scientific crime investigation karena hasilnya valid. Misalnya pemeriksaan DNA, uji balistik, digital forensik, dan lainnya. Poengky mengatakan Kompolnas juga menerima banyak informasi terkait kepuasan dan pujian masyarakat pada penegakan hukum kasus-kasus terorisme.

“Masyarakat, baik di kota maupun di wilayah pedalaman dan pulau-pulau terdepan, sangat mengapresiasi kinerja Bhabinkamtibmas yang dianggap mampu menjadi problem solver dan jembatan bagi polisi dan masyarakat,” kata Poengky.

Selain itu, Kompilnas juga melihat masyarakat di kota-kota besar membutuhkan membutuhkan jaminan keamanan dan berharap polisi rajin dan rutin berpatroli untuk mencegah kejahatan.

Namun Kompolnas juga menekankan agar Pemerintah dan Polri untuk memperhatikan kesejahteraan polisi. Poengky mengatakan gaji dan kesejahteraan Polisi masih terbilang rendah. Padahal, kata dia, beban kerja polisi sangat tinggi karena harus 24 jam tetap melayani, melindungi, mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum untuk menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban nasional.

“Penting bagi negara untuk mencukupi kesejahteraan polisi agar kinerja polisi makin baik,” kata Poengky.(*/Tempo).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.