-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Diskusi,Revitalisasi Nilai Pancasila Sebagai Kebutuhan Bangsa Indonesia
Diskusi,Revitalisasi Nilai Pancasila Sebagai Kebutuhan Bangsa Indonesia

Diskusi,Revitalisasi Nilai Pancasila Sebagai Kebutuhan Bangsa Indonesia

Foto,Kolonel Inf. Sutikno Suleman Staf Ahli Bidang Ideologi Kodam Wirabuana,Akbar Faizal Anggota DPR/MPR RI Komisi III),Prof.Dr. Drs. Moch.Sabri, M.si,Guru Besar/Dosen Ahli Filsafat UIN Alauddin Makassar dan Suratman Sekertaris KNPI Provinsi Sulawesi Selatan.

SpiritNews.com.- Pancasila adalah komitmen final bangsa Indonesia, tanpa pancasila Indonesia tidak ada atau tidak akan eksis,Pancasila adalah ideologi yang tidak ada bandingannya untuk bangsa Indonesia karena Pancasila adalah alat pemersatu bagi seluruh komponen yang berbeda-beda,sehingga setiap upaya untuk menggantinya selalu akan berhadapan dengan seluruh kekuatan bangsa Indonesia secara menyeluruh dan Pancasila adalah simbol ke-bhinneka-an Indonesia, berbeda namun tetap satu.

Merevitalisasi nilai-nilai pancasila adalah sebuah keniscayaan mutlak, ketika kondisi bangsa semakin jauh dari keadilan sosial, kemakmuran, kemajuan, dan sebagainya.

Membiarkan kondisi bangsa dalam keterpurukan sama halnya menjadikan Pancasila hanya sebagai alat politisasi untuk melanggengkan kekuasaan seperti yang perna terjadi pada masa Orde baru. Sehubungan dengan hal tersebut, revitalisasi nilai-nilai pancasila harus di lakukan dalam dua tingkatan, yaitu pada tataran ide dan praksis.

Dalam tataran ide, hal yang paling penting di lakukan adalah menjawab sikap alergi masyarakat terhadap Pancasila. Oleh karena itu, memiliki semangat dan sikap bergotong royong serta membudayakan pola musyawarah bisa di jadikan mekanisme dan cara hidup bangsa ini.

Hal tersebut disampaikam oleh Kolonel Inf. Sutikno Suleman Staf Ahli Bidang Ideologi Kodam Wirabuana ketika mewakili Pangdam Wirabuana, memberikan materi dgn judul ” Revitalisasi Nilai2 Pancasila ” pada acara Diskusi Kebangsaan Badko HMI Sulselbar di hotel Grahara Makassar,Pada Hari Rabu lalu.

Selanjutnya diungkapkan Kolonel Sutikno, dalam tataran praksis, utamanya menyangkut relasi penyelenggaraan Negara dan masyarakat, revitalisasi nilai-nilai pancasila harus di mulai dengan membangkitkan kegairahan dan otimisme publik. misanya, kepemimpinan nasional harus menegaskan kembali bahwa Negara republik Indonesia adalah bukan Negara agama tetapi Negara beragama.

 Indonesia adalah negeri yang kebebasannya berlandaskan ketuhanan yang maha esa dan bhinneka tunggal ika, yang harus memiliki sikap saling hormat-menghormati, menghargai segala perbedaan dan mengutamakan kepentingan umum dari pada ke pentingan pribadi dan golongan.

Sementara menurut Kapendam VII/Wrb,Kolonel Inf Alamsyah,menambahkan bahwa acara ini dihadiri sebanyak 200 Orang,dengan menghadirkan beberapa pembicara diantaranya : Akbar Faizal Anggota DPR/MPR RI Komisi III),Prof.Dr. Drs. Moch.Sabri, M.si,Guru Besar/Dosen Ahli Filsafat UIN Alauddin Makassar dan Suratman Sekertaris KNPI Provinsi Sulawesi Selatan tambahnya.(Pendam Wirabuana-SpiritNews).


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.