-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Melukis Permainan Tradisional, Melestarikan Budaya Bangsa
Melukis Permainan Tradisional, Melestarikan Budaya Bangsa

Melukis Permainan Tradisional, Melestarikan Budaya Bangsa


Foto,Buapti Bone Andi Fashar Padjalangi,Saat melukis permainan Tradisonal.

Watampone,Spirit6News.-  Ratusan masyarakat Watampone dan sekitarnya memadati Bola Soba rumah adat Kab bone untuk menyaksikan peragaan berbagai permainan tradisional yg akhir2 ini sdh sangat jarang kita lihat karena kalah dari permainan modern yg berbasis teknologi,Pada Tanggal  14 Agustus 2016,lalu.

Danrem 141/Tp Kolonel Kav Yotanabey A.M., M.Def.,S.T mengatakan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya Korem 141 dalam memasyarakatkan kembali permainan tradisional yg sebenarnya sangat menarik dimainkan dan ditonton namun akhir2 ini kalah dari permainan modern yg berbasis teknologi,dalam kegiatan ini, masing2 Kabupaten menampilkan satu jenis permainan selanjutnya salah seorang peserta mengomentari permainan tersebut sembari dilukis oleh salah satu dari tim tersebut.

Adapun permainan yg ditampilkan adalah, Kodim 1406/Wajo Angklung (pindah batu), Kodim 1407/Bone enggrang(bambu2), Kodim 1409/Gowa Paraga, Kodim 1410/Bantaeng Pukul kayu(cukke), Kodim 1411/Bulukumba Ular Naga(tangkap nyanyi), Kodim 1415/Selayar Kelereng, Kodim 1422/Maros Bakiak, Kodim 1423/Soppeng Benteng2/enggo, Kodim 1424/Sinjai Padendeng(batu diatas kaki), Kodim 1425/Jeneponto Santok(batu di kaki), Kodom 1426/Takalar JK (naik tempurung) dan Yonif 726/Tamalatea Susun tangan.

Kasilog Korem 141/Tp Letkol Inf George Zoro Sumilat sebagai ketua panitia mengatakan semua peserta dari 11 Kabupaten dan Yonif 726 Hadir dan berlomba. Masyarakat terutama anak2 muda dan anak sekokah sangat antusias menyaksikan. “Masyarakat Bone sangat antusias menyaksikan kegiatan ini” kata Letkol Inf G. Zoro Sumilat bersemangat.

Letkol Zoro juga mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan permainan tempo dulu yang sekarang hampir terlupakan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng dewan kesenian Kabupaten Bone. (*).Sumber berita Pendam VII/Wrb.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.