-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
KanKemenag,Jadi Narasumber di SMKN 1 Barru
KanKemenag,Jadi Narasumber di SMKN 1 Barru

KanKemenag,Jadi Narasumber di SMKN 1 Barru


Foto,Peny.Syariah Kankemenag Barru,saat jadi pemateri di SMKN 1

SpiritNews.com.- Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kab. Barru, Muhammad Idris, S.Ag.,M.Pd menerima undangan jadi Narasumber pada kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan di SMK Negeri 1 Barru. Rabu ( 15/06 ).

Sementara menurutnya,kegiatan Pesantren Kilat yang bertemakan “Meningkatkan EQ & SQ Peserta didik serta mewujudkan generasi Qur’ani melalui Pesantren Ramadhan” ini, diikuti sebanyak 95 siswa/wi kelas XI bertempat di Aula SMKN 1 Barru.

Lebih lanjut dikatakan bahwa penyelenggaraan Syariah KanKemenag Barru dalam materinya mengangkat tema yang berjudul “meningkatkan kecerdasan EQ & SQ”, menurutnya;  Allah SWT menganugrahkan tiga kecerdasan pada manusia, yaitu IQ, EQ dan SQ. Ketiga kecerdasan ini harus berkembang secara bersamaan, namun kenyataannya Intelektualis (IQ) berkembang pesat  sementara EQ dan SQ tertinggal. Inilah yang memicu robohnya bangunan karakter yang dicita-citakan.

Sementara dikatakan Muhammad Idris, EQ adalah kecerdasan emosional atau kemampuan seseorang dalam memahami emosi dirinya dan emosi orang lain. 

Sambungnya menuturkan bahwa dengan memahami hal tersebut maka manusia akan memiliki sikap simpati dan empati terhadap penderitaan yang dihadapi orang lain sehingga muncul keinginan untuk selalu membantu.

Diungkapkan bahwa “Kunci utama untuk menumbuhkan kecerdasan  ini ialah senantiasa menjadikan diri kita ukuran bagi orang lain, sehingga apa yang tidak baik terjadi pada diri kita maka tidak baik pula jika terjadi pada orang lain.“ujarnya.

Sementara pengertian dari SQ, menurut Peny. Syariah yang juga berprofesi sebagai Dosen Ilmu Jiwa pada Salah Satu PT Swasta ini, ialah kecerdasan spritual atau kemapuan manusia untuk memberi makna dan nilai terhadap apa yang dia lakukan. 

Sehingga seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual yang matang akan selalu berusaha berbuat yang terbaik untuk membuat dirinya lebih bermakna dan bernilai bagi orang lain.

Disampaikan bahwa adapun kunci utama untuk membangun kecerdasan ini adalah menyadari bahwa seluruh yang kita lakukan akan berdampak baik dan buruk bagi kehidupan umat manusia di alam selanjutnya,,tutup Idris. (*).Sumber berita Inmas Kemenag Sulsel.


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.