-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Saksikan Festival Pesona Pulau Sanrobengi 2016 Hadirkan Ritual Patorani
Saksikan Festival Pesona Pulau Sanrobengi 2016 Hadirkan Ritual Patorani

Saksikan Festival Pesona Pulau Sanrobengi 2016 Hadirkan Ritual Patorani




Foto,Warga Galesong saat mengadakan Ritual Patorani,yang akan digelar
 pada hari kedua di Pulau Sanrobengi,Desa Boddia, Kecamatan Galesong,Kabupaten Takalar.

SpiritNews.com.- Semarak menjelang  festival pesona pulau Sanrobongi Tahun 2016,sekitar 10 hari lagi pelaksanaan dan sudah dijadwal akan dilaksanakan Pada  Tanggal 27-29 Mei 2016 mendatang,dan acara tersebut akan diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya lomba dan beberapa pertunjukan.

Sementara menurutnya ini salah satu item kegiatan menarik yakni ritual keselamatan pelaut Kabupaten Takalar (Patorani) yang akan digelar pada hari kedua di Pulau Sanrobengi, Desa Boddia, Kecamatan Galesong.

Sambungnya diungkapkan bahwa acara ritual Patorani, merupakan cerminan keyakinan yang telah terwariskan secara turun-temurun bagi para pelaut Takalar yang akan mencari telur ikan terbang.

Selain itu,dikatakan bahwa patorani diambil dari kata Tobarani yang artinya pemberani. Sejarahnya, para pemberani (Tubaraniyya) dari Kerajaan Galesong yang merupakan Laskar pemberani utusan Kerajaan Galesong untuk bertempur melawan Belanda, sebagai bentuk bantuan bagi Kerajaan Sultan Terunojoyo, di Daerah Tuban, Pulau Jawa Timur.

Ditambahkan bahwa acara Tubaraniyya ini diyakini yang pertama kali menyaksikan kerumunan ikan bersayap dan terbang,mereka pun mencari cara agar dapat menangkap ikan-ikan bersayap dan terbang tersebut dalam jumlaha banyak.(*).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.