-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Warga Desa Ajakkang Kab.Barru,Butuh Pembangunan Bronjong
Warga Desa Ajakkang Kab.Barru,Butuh Pembangunan Bronjong

Warga Desa Ajakkang Kab.Barru,Butuh Pembangunan Bronjong



 Foto,Kondisi sungai ajakkang,di Desa Ajakkang,
Kecamatan Soppeng Riaja,Kab,Barru,Provinsi Sulsel.

SpiritNews.com.- Keluhan seluruh warga di Desa Ajakkang setelah setiap saat memperhatikan  kondisi bibir Sungai Ajakkang,yang terletak di Desa Ajakkang,Kec.Soppeng Riaja,Kab.Barru,mengakui sangat terancam dengan kondisi sungai Ajakkang,saat merasa sangat khawatir.

Sementara berdasarkan pemantauan awak media belum lama ini,tim membenarkan kekhawatiran seluruh warga Desa Ajakkang,dimana terlihat bibir sungai,sekitar kurang lebih dari satu setengah meter jarak bibir sungai ke pemukiman warga.

Sangat disayangkan Pemerintah Kabupaten Barru atau yang terkait bila hal tersebut tidak secepat dikerjakan karena semakin hari jarak bibir sungai ke pemukiman warga terus terkikis,warga sangat mengharapkan segera mengantisipasi dengan membuatkan pembatas tebing atau bronjong disepanjang wilayah yang dapat mengancam pemukiman warga disekitarnya.

Lebih lanjut disampaikan kepada pihak yang terkait,dimana berdasarkan bincang-bincang tim media ini,warga sekitar mengatakan bahwa setahun yang lalu kondisinya masih antara 5-7 Meter,jarak antara bibir sungai dengan pemukiman warga.

Sementara keluahn pemilik rumah disekitar sungai tersebut,sekitar 30 unit rumah diantaranya rumah  Alimuddin,Ridwan, La  Selle , I Naping, Ramlah, Tammasse, Baharuddin,Abd.Hamid ,Hadia ,Abd.Malik, Anas, M.Idris , Sarika,mereka mempercayakan kepada Alimuddin,mencampaikan kekhawatirannya dengan keadaan sungai

Lanjut sesuai dengan berita acara musrebang yang diadakan pada pertengahan bulan februari 2016 lalu, tanggapan pemkab untuk hasil musrenbang tahun 2016 baru bisa direalisasikan pada tahun 2017 itupun kalo ada pagu anggaran yang tersedia untuk pembangunan bronjong.

Dimbau pemerintah pusat,Daerah dan Kabupaten ataupun yang terkait,termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barru,dapat meninjau sungai Ajakkang.

Dikatakan Alimuddin mewakili seluruh Desa Ajakkang,menyampaikan saat musrenbang dilaksanakan bahwa  masyarakat sangat mengharapkan usulannya secepatnya ditanggapi dan direalisasikan untuk tahun ini,karena pembangunan bronjong sudah sangat dibutuhkan warga,sebelum memasuki musim hujan,harap Alimuddin.

Selain itu,dijelaskan bahwa saat ini,terlihat tinggal 1,5 – 3 Meter,jaraknya dan lebih parahnya lagi setiap musim hujan mengalami luapan air dan menimbulkan banjir dan kondisi  ini semakin mengancam keselamatan warga Desa Ajakkang.

Dikatakan juga bahwa keadaan tanah terus menerus terkikis dan setiap saat terjadi longsor akibat derasnya arus sungai,sementara tanaman bambupun yang diharapkan warga sekitar sebagai penahan longsor itupun tak dapat menahan derasnya aliran air banjir disungai ajakkang ini.

Sementara Warga Desa Ajakkang Alimuddin,mengatakan bahwa longsornya bibir Sungai Ajakkang,akan mengancam salah satu jembatan beton yang ada di Desa Ajakkang, kata salah seorang anggota BPD Desa Ajakkang,Alimuddin,disampaikan keluhannya dipelaksanaan Musrenbang Dusun belum lama ini.

Lebih lanjut Alimuddin mengungkapkan bahwa warga Desa Ajakkang sangat mengharapkan kondisi ini bisa segera mendapat respon dari Pemerintah Kab. Barru,hal tersebut sangat penting sekali karena dapat mengancam keselamatan jiwa warga,terutama yang bermukim di sekitar pinggir sungai tersebut.

Ditambahkan Alimuddin menyayangkan kurangnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Barru,terindikasi kurang menyikapi kondisi sungai yang dapat mengancam warga sepanjang aliran air sungai tersebut,tambahnya.

Lebih jelas Alimuddin menjelaskan kepada awak media ini,menyayangkan pihak yang terkait yang seharusnya dari sekarang ada langkah antisipasi,jangan sampai nanti terjadi bencana besar dan ada jatuh korban baru pihak Pemerintah ataupun yang terkait  mengambil tindakan dan salin menyalahkan,terang diharapkannya sesegera mungkin ada pembangunan bronjong disungai Ajakkang itu. ucap Alimuddin.(Msr-Ibn).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.