-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Ka.Kanwil Sulsel Berpesan Untuk  Buat Lembaga TKQ/TPQ
Ka.Kanwil Sulsel Berpesan Untuk  Buat Lembaga TKQ/TPQ

Ka.Kanwil Sulsel Berpesan Untuk Buat Lembaga TKQ/TPQ





Foto,Kakanwil Kemenag Sulsel, Drs. H. Abd. Wahid Thahir,
 saat membuka Rapat Koordinasi Kepala TKQ/TPQ,
 se-Sulsel di Hotel Alden makassar (Jumat,15/4/2016).

SpiritNews.com.- Data sementara Emis PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel menunjukkan ada 5562 lembaga TKQ/TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) saat ini, dan kesemuanya dituntut untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan pelayanannya khususnya di bidang pendidikan baca tulis Al-Quran, baik metodologinya, sarana dan prasarananya, kualitas tenaga pengajarnya dan tentunya administrasi lembaganya.

Demikian disampaikan Ka. Kanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag saat membuka Rapat Koordinasi Kepala TKQ/TPQ se-Sulsel di Hotel Alden makassar (Jumat,15/4/2016) yang pesertanya sebanyak 35 orang.

Kegiatan Rakor ini disamping untuk meningkatkan wawasan dan mutu pengelola TKQ/TPQ dalam rangka pengembangan dunia pendidikan, juga bertujuan untuk menyusun format pengembangan TKQ/TPQ dan penerapannya pada proses pembelajaran serta memilih dan menetukan strategi pengembangan kelembagaan yang sesuai dengan materi dan tujuan yang akan dicapai.

Ka. Kanwil juga berpesan agar Bidang PD Pontren dengan jajarannya sebisa mungkin melakukan akreditasi internal dengan menentukan dan melihat kriteria kretirea tertentu yang sesuai dengan standar sehingga diperoleh Rasionalisasi data TKQ/TPQ di Sulsel.

Selain itu, dengan kehadiran TKQ/TPQ kita bisa menilai sejauh mana animo dan keterlibatan masyarakat dan stake holder sekitar termasuk bagaimana sinergitasnya dengan lembaga pendidikan di daerah tersebut termasuk Pemerintah daerah setempat, sehingga diharapkan TKQ/TPQ bisa merespon dan merealisasikan serta mengsinkronkan program TKQ/TPQ dan Kementerian agama seperti Program Magrib Mengaji, tambahnya.

Mengelola Lembaga TKQ/TPQ merupakan Tugas Mulia jika pengelolanya memiliki orientasi yang jernih, Karena TKQ/TPQ kedepan diharapkan bisa menjadi mesin pencetak Generasi Qori-Qoriah, Hafidz-Hafidzah dan Mufassir –Mufassirah masa depan, yang selain memiliki pengetahuan dasar soal Al-Quran juga bisa membentuk Watak Santrinya menjadi generasi yang memiliki karakter Qurani yang menghargai Kemanusiaan, toleransi, tawadhu, papar Mantan Kabid PD Pontren Sulsel ini. (*) Inmas Kanwil Kemenag Sulsel.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.