-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Ka. Kanwil : Data Itu Gerbang Masuk Untuk  Program dan Penganggaran
Ka. Kanwil : Data Itu Gerbang Masuk Untuk  Program dan Penganggaran

Ka. Kanwil : Data Itu Gerbang Masuk Untuk Program dan Penganggaran




Foto,Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulsel.

SpiritNews.com.- Kepala Kantor Agama Provinsi Sulsel,mengatakan bahwa data merupakan kumpulan fakta yang menggambarkan suatu kejadian, bisa dinyatakan dalam bentuk simbol simbol khusus,angka,huruf atau gabungan antara ketiganya.

Lanjut dijelaskan tetapi data mentah baru bisa dimanfaatkan bila mana diolah dengan baik, karenanya, untuk memperoleh dan mengola data agar bermanfaat dibutuhkan syarat tertentu diantaranya akurat, konsisten, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tidak terkecuali bagi Madrasah yang mengelola sebuah aplikasi data yang bernama Education Managemen Information System (EMIS) dimana kegunaannya adalah untuk mendukung pimpinan dalam proses pengambilan kebijakan dan perencanaan bagi program pendidikan Islam.

Olehnya itu, Bidang Pendidikan Madrasah di Kanwil Kemenag Sulsel melalui seksi Kelembagaan melaksanakan orientasi bagi pengelola dan operator EMIS Madrasah Kemenag se-Sulsel.

Demikian H. Mulyadi Iskandar Idy melaporkan di hadapan Ka. Kanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag saat Pembukaan Orientasi ini dilakukan. Kegiatan Pembukaan Orientasi Penguatan e-MIS ini dilaksanakan di Hotel Remcy Panakkukang Makassar selama 3 (tiga) hari yaitu 24 – 26 April 2016 dan diikuti oleh 35 pengelola dan operator e-MIS Madrasah Kementerian Agama Kab./Kota se-Sulsel, Lanjut H. Mulyadi.

Menurut Ka. Kanwil Kemenag Sulsel dalam arahannya menyampaikan pentingnya data di suatu institusi. Bahkan di era digital saat ini Data menjadi pintu gerbang untuk masuk mengenal dan mengetahui bentuk dan model sebuah insitusi, olehnya itu, perbaiki data kita khususnya di sistem informasi pendidikan islam melalui Aplikasi E-MIS, agar data tersebut bisa dioptimalkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Persoalannya adalah Data tersebut bisa memberikan pengaruh banyak bagi rencana penganggaran di semua item madrasah. Bisa jadi sebuah program atau kegiatan bagi madrasah kita tertunda atau batal hanya karena data tidak valid atau data tidak lengkap, dan ketika ini terjadi maka akan membawa kondisi yang kurang menguntungkan bagi Madrasah kita.

Solusi terbaik dari itu semua adalah bagaimana operator EMIS bisa memaksimalkan peran dan fungsinya dalam mengupdate seluruh data yang dibutuhkan di aplikasi online lewat EMIS.

Kabag Humas Kemmenag Sulsel,menambahkan bahwa turut hadir pada acara pembukaan orientasi ini Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel H. Ali Yafied, dan Para Kepala Seksi yang berada di jajaran Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel,tambahnya. (Inmas Kanwil- Spiritnews).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.