-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Tribowo,Rutan Kelas II B Pangkep, Over Kapasitas
Tribowo,Rutan Kelas II B Pangkep, Over Kapasitas

Tribowo,Rutan Kelas II B Pangkep, Over Kapasitas




Foto, Tribowo Kepala Rutan Kelas II B,Kabupaten Pangkep


SpiritNews.- Jumlah narapidana (napi) yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II.B Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) saat ini tak sebanding dengan fasilitas yang ada. Kondisi itu membuat Rutan Dumai over kapasitas karena sudah melebihi daya tampung yang sebenarnya.

Sementara menurut,Kepala Rumah Tahanan Kelas II.B Kabupaten Pangkep Tribowo, mengatakan kondisi rutan pangkep saat ini sudah masuk kelebihan penghuni atau over kapasitas. Akibatnya, narapidana dan tahanan harus berdesak-desakan dalam sel masing-masing.

Lanjut dujelaskan bahwa  berdasarkan data napi yang mendekam di Rutan Dumai mencapai 145 orang tahanan,sementara kapasitas rutan tidak sampai segitu. Artinya isi hunian tidak ideal,Sebab daya tampung yang ideal yang dimiliki Rutan kelas II.B Pangkep hanya sebanyak 120 orang tahanan saja.

Dia menyampaikan bahwa jumlah warga binaan rutan saat ini 145 orang, Kapasitas sebenarnya untuk 129 tahanan, tapi bisa diatasi dan lumayan cukup kapasitas tempat mereka,jelas Tribowo.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa dari 145 jumlah warga binaan rutan pangkep ini didominasi oleh kasus ilegal fishing dan perkelahian, delapan orang daintaranya adalah perempuan dan enam anak remaja kasus pemerkosaan.

Sambung disampaikan bahwa jumlah tahanan di Rutan Kelas II B Pangkep yakni sebanyak 145 orang, Kasus paling banyak itu illegal fishing dan perkelahian, Kalau perempuan itu delapan orang dan enam orang anak remaja kasus pemerkosaan,ucap tribowo.

Kendati demikian, untuk meminimalisir masalah di dalam rutan maka pihaknya acapkali melakukan pendekatan kepada penghuni rutan dengan cara peningkatan pendidikan keagamaan, lalu hubungan dibina seperti kekeluargaan dari hati ke hati sehingga narapidana kenal secara pribadi dengan petugas, untuk menciptakan suasana penuh kekeluargaan.

Dikatakan bahwa tahanan dan narapidana juga semakin didekatkan kepada pembinaan keagamaan,dan narapidana juga di dalam rutan belajar kegiatan positif dengan membuat kerajinan” jelas Tribowo.

Tribowo menambahkan, Rutan Kelas II B Pangkep itu bukan lembaga, melainkan rumah tahanan yang lebih kepada pendekatan kepribadian,tambahnya belum lama ini kepada awak media ini.(Ss-Ar).



Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.