-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Wakapolda Sulsel,Arahan Didepan  Para Kasat Binmas,Terkait Pencegahan Kebakaran Hutan
Wakapolda Sulsel,Arahan Didepan  Para Kasat Binmas,Terkait Pencegahan Kebakaran Hutan

Wakapolda Sulsel,Arahan Didepan Para Kasat Binmas,Terkait Pencegahan Kebakaran Hutan




Foto : Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono,Wakapolda Sulselbar
saat memimpin rapat sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan.

SpiritNews.com.- Kepolisian Daerah Sulselbar telah menindak lanjuti arahan Presiden RI Jokowi,tentang pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan,Direktorat Bimbingan Masyarakat Polda Sulsel melaksanakan  Sosialisasi Perkap Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat kepada para Kasat Binmas, Kanit Polmas Polres.

Termasuk para “Perwakilan Bhabinkamtibmas Se Makassar Raya dan para Koordinator Polisi Hutan/ Polsus, Kamis (28/01/2016)”, yang bertempat di Aula Anindhita Lantai III,Mapolda Sulsel,Jl. Perintis Kemerdekaan KM 16 Makassar.

Sementara kegiatan tersebut dibuka oleh Wakapolda Sulsel,Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono, juga menghadirkan  Ketua Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan diikuti sekitar 150 peserta  yaitu Kasat Binmas, Kanit Polmas Polres, Perwakilan Bhabinkamtibmas Se Makassar Raya  dan  dari unsur Polisi Kehutanan/ Polisi Khusus, wilayah Sulselbar.

Sosialisasi ini dimaksudkan mewujudkan Kamtibmas swakarsa serta upaya pencegahan kebakaran hutan di wilayah hukum Polda Sulselbar, selain itu juga sebagai langkah strategis dalam rangka implementasi Peraturan Kapolri terbaru tentang pemolisian masyarakat Nomor 3 Tahun 2015 Ayat ( 1)  dan Ayat (2) tentang Pengorganisasian Polmas dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Mabes Polri hingga ke Tingkat Polsek, sehingga diharapkan mampu menghasilkan keseragaman gerak dan langkah dalam rangka optimalisasi perkap No. 3 Tahun 2015 ini sesuai dengan karakteristik dan budaya kearifan lokal Masyarakat Sulselbar.

Dalam sambutan Kapolda Sulsel yang dibacakan Wakapolda Sulsel Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kapolda menekankan terselenggaranya Community Policing yang menempatkan potensi Masyarakat sebagai mitra masyarakat, dalam meyelesaikan permasalahan yang terjadi, hal itu didasari oleh kenyataan bahwa SDM Kepolisian yang terbatas, tidak mungkin dapat mengamankan masyarakat secara solitair atau seorang diri, olehnya dibutuhkan peran masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban.

selain itu, Kapolda juga mengajak agar para bhabinkamtibmas dalam pemolisian masyarakat melakukan terobosan-terobosan, seperti terobosan “kembali bersekolah” yang digagas Polres Mamju, dan meraih predikat Terbaik pada program JICA Tahun 2015, dan masih banyak terobosan-terobosan lainnya.

Selanjutnya tentang arahan presiden RI di Istana Negara pada 16 Januari 2015 lalu, yang menekankan pada Pihak Kepolisian untuk mencegah kebakaran hutan, Kapolda Sulsel dalam lanjutan sambutannya yang dibacakan Wakapolda Sulsel, meminta para peserta sosialisasi agar melakukan upaya nyata dan langkah-langkah optimal dalam mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan yang terjadi setiap tahun pada saat musim kemarau tiba.

Salah satu strategi kebijakan pimpinan Polri yang mendapat perhatian dalam pemolisian masyarakat yang juga dapat berperan dalam pencegahan kebakaran hutan, adalah penempatan petugas Bhabinkamtibmas pada setiap desa/kelurahan yang telah berjalan secara bertahap sejak tahun 2015, namun karena terbatasnya personil Polri sehingga program tersebut belum dapat terealisasi 100 %.

Sementara pada kesempatan tersebut,diakhir arahan Wakapolda Sulsel, menambahkan bahwa,” Presiden mau kebakaran hutan tahun 2016,sudah tidak ada lagi,ini tugas kita bersama,agar titik api bisa direda, kalau kita tidak bersinergi, sulit mewudkan kebijakan presiden,” ungkapnya dihadapan peserta Sosialisasi belum lama ini.(Rs).Sumber berita PID Polda Sulselbar.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.