-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Saatnya Kades Transparans Kepada Pers
Saatnya Kades Transparans Kepada Pers

Saatnya Kades Transparans Kepada Pers




Aparat Desa Abbanuangnge (Lilirilau, Soppeng) sibuk buat laporan

SpiritNews.com.-Kabid Pembedayaan Aparatur  Pemdes Kab. Soppeng A.Muh. Qisthin menyarankan kepada aparat desa agar membangun senergitas dengan insan pers,hal itu ia kemukakan terkait adanya keluhan beberapa Kades yang masuk kepadanya yang menyampaikan seringnya Kades di temui para wartawan. 

Menurutnya hendaknya Kades menanggapi hal itu secara bijak dan transparans. Apalagi saat ini anggaran yang diturunkan ke desa baik melalui ADD Kab. Soppeng maupun Dana Desa dari APBN, akan diawasi secara akuntabiliti dan transparans kepada publik tentang pelaksanaan proyek dan penggunaan anggarannya.

Oleh karena itu ia menyarankan sepatutnyalah para aparat desa khusunya Kades dapat menjalin kemitraan secara bersinergitas dengan insan pers,Itu ia kemukakan saat awak media ini bersilaturahmi di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Qisthin demikian panggilannya mengungkapkan bahwa keluhan aparat desa yang masuk kepadanya terkait wartawan yang sering berkunjung kekantornya baik itu dalam rangka konfirmasi maupun dalam rangka bersilaturahmi.

Qisthin meminta agar aparat desa tidak alergi dengan wartawan dan melayaninya secara bijak sebagai bentuk transparansi kepada publik, ucapnya.

Mengenai pengawasan, menurutnya pihaknya telah membuat sistim pencegahan yang kecil kemungkinannya akan terjadi pengelabuan dalam pelaksanaan proyek yang fiktif,“Kita hanya berusaha meminimalisir kemungkinan-kemungkinan adanya data fiktif yang dibuat dalam pelaksanaan proyek yang dilakukan di desa”, katanya.

Ia menjelaskan, sistim tersebut antara lain : harus ada dokumentasi foto-foto kegiatan yang disertai foto diri dan latar  belakang papan proyek. Begitu juga harus ada foto pengawas, pelaksana proyek atau pendamping serta bukti lainnya di lokasi proyek, jelasnya. Foto-foto dan dokumentasi tersebut harus disertakan dalam laporan pelaksanaan kegiatan ke Pemdes, kuncinya. (M. Nur/Zul).                                              

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.