-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Maudu Lompoa Cikoang,Perlu Dapat Perhatian Khusus Pemerintah
Maudu Lompoa Cikoang,Perlu Dapat Perhatian Khusus Pemerintah

Maudu Lompoa Cikoang,Perlu Dapat Perhatian Khusus Pemerintah






Foto Warga sedang membenahi perlengkapan Maudu, Sebelum dibawah ketempat acara.



Spiritnews.com.-Warga Cikoang berharap peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, atau Maudu Lompoa Ri-Cikoang,Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dapat memikirkan bersama bagaimana Maudu Lompoa Ri-Cikoang ini,kedepan semakin dikembangkan menjadi lebih besar yang selalu dinantikan seluruh Rakyat Indonesia.

Diketahui bersama bahwa Masyarakat Takalar khususnya di Desa Cikoang, Kecamtan Mangarabombang,yang memiliki tradisi tersendiri menyambut Hari Kelahiran Nabi Besar Muhammad,SAW,Yang diberi nama MAUDU LOMPOA-RI-CIKOANG,dan ini sudah menjadi Tradisi tersendiri warga setempat.

Kegiatan ttersebut diketahui bahwa dari dahulu sampai sekarang kala,nenek moyang kita diwilayah Takalar,menggelar perayaan peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad, SAW.Dengan Maudu sehingga diharapkan generasi pelanjut dapat lebih dikembangkan.

Sementara Tradisi itu sudah menjadi agenda wisata religi tahunan Masyarakat  Sulawesi Selatan,dan Maudu Lompoa ini akan digelar kembali pada peringatan Maulid Nabi 1437/Hijriah.

Selain itu acara ritual ini juga merupakan ucapkan rasa syukur wraga setempat atas limpahan berkah dan rezeki dari hasil segala usaha masyarakat di Kecamatan Marbo,termasuk dengan hasil panennya.

Warga juga menyediakan berbagai keperluan seperti ; beras,ayam,telur,minyak kelapa, julung-julung (perahu),bagi setiap orang dalam satu keluarga di Desa Cikoang,tutur Tuang Ngawing,sesuai menggelar Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. dibulan 12 Rabbiul awal 1437/Hijriah,jatuhnya Pada Hari Kamis,Tanggal,24 Desember 2015.

Syech Al Aidid Muhammad Syamsu Tuang Ngawing,menambahkan bahwa pelaksanaan “Maudu Nabi ini tidak bisa sembarangan yang kerjakan,mulai dari laki-lakinya serta wanita-wanitnya,diharuskan dalam keadaan  suci dari hadas dan najis,itu yang diperbolehkan mengerjakan segala perlengkapannya,tambahnya saat ditemui oleh awak media seusai selenggarakan Maudu di 12 Hari Bulan Rabbiul Awal dirumahnya.

Lebih lanjut dia juga berharap agar pemerintah dapat memberi perhatian khusus terhadap pelaksanaan MAUDU LOMPOA RI-CIKOANG,agar kedepan semakin dirindukan oleh seluruh masyarakat di Indonesia ujarnya.(Rs).


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.