-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Kapolrestabes : 130 Gereja di Makassar Dijaga TNI dan Polri
Kapolrestabes : 130 Gereja di Makassar Dijaga TNI dan Polri

Kapolrestabes : 130 Gereja di Makassar Dijaga TNI dan Polri





Foto : Kapolrestabes Makassar,Saat memberi keterangan pers,
didepan salah satu gereja di Makassar.

SPIRIT.Com.-Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Makassa,Kombes Pol Rusdi, mengatakan personil gabungan telah disebar  diseluruh gereja yang ada di Kota Makassar,untuk  melakukan penjagaan secara ketat,sekitar  130 gereja di kota ini.

Disampaikan pula bahwa  selama perayaan Natal,ratusan aparat TNI-Polri yang disiagakan di seluruh gereja itu guna menjamin keamanan hari besar umat Nasrani,pihak kami menurutnya telah mengerahkan tim penjinak bom untuk melakukan penyisiran alias sterilisasi di sekitar gereja,kata Rusdi.

Sementara menurut Kepala Bagian Operasional (kabag ops) Polrestabes Makassar Ajun Komisaris Besar Abdul Azis,saat ditemui oleh awak media dikatakan bahwa  pelaksanaan pengamanan Natal dilaksanakan pihaknya terhitung Kamis-Sabtu,24-26 Desember 2015.

Lebih lanjut disampaikan bahwa  kami siap mengamankan perayaan Natal di 130 gereja di Makassar,di antaranya, ada 11 gereja yang masuk skala prioritas,ujar Azis,Pada Hari Kamis,24 Desember 2015 lalu.

Diungkapkan bahwa sistem pengamanan di setiap gereja, Azis menerangkan tidak jauh berbeda,yakni melibatkan aparat TNI-Polri. Seluruh gereja juga akan disterilisasi tim penjinak bom. Perbedaan pengamanan di gereja biasa dan gereja skala prioritas cuma terletak pada penempatan jumlah personel. Pengerahan personel di gereja skala prioritas mencapai tiga kali lipat.

Sementara berdasarkan data yang diinput dari Polrestabes Makassar, gereja biasa dijaga 4-5 polisi ditambah 1 TNI,lebih jelasnya  dituturkan bahwa gereja skala prioritas dikawal 10-15 polisi ditambah 3 TNI,jelas Azis.

Sedangkan  pengamanan Natal selama Operasi Lilin Lipu,Azis mengatakan sasaran pengamanan meliputi umat Nasrani,pastor/pendeta dan masyarakat umum. Adapun, kegiatan yang dikawal meliputi kebaktian dan misa Natal.

Lebih jauh, Azis mengatakan 11 gereja skala prioritas yang dijaga ketat mengacu pada berbagai pertimbangan, di antaranya tingkat kerawanan, lokasi dan jumlah jemaatnya.

Adapun,gereja skala prioritas itu adalah Gereja Paroki Asisi, Gereja Bethani, Gereja Catedral,Gereja Bukit Zaitun,Gereja Jemaat Masale,Gereja Immanuel, Gereja Santo Joseph,Gereja Kale,Gereja Tosari,Gereja Salla,dan Gereja Mangngamaseang.

Sementara neburut Kepala Polda Sulawesi Selatan dan Barat Inspektur Jenderal Pudji Hartanto Iskandar ,saat dihubungi mengatakan pihaknya mengerahkan 4.000 personel selama Operasi Lilin Lipu,di lingkup Sulawesi Selatan dan Barat tuturnya.

Dia juga menambahkan bahwa kepolisian siap memberikan pelayanan dan pengamanan serta pengawalan sebanyak  375 gereja di dua provinsi Sulselbar ini, dalam pengamanan Natal,kepolisian melibatkan tokoh Agama,Tokoh Adat dan Organisasi Masyarakat Islam,untuk bersama-sama  menjaga situasi kamtibmas agar selalu kondusif,tambah Pudji.(Rs).Sumber berita  PID Polda Sulsel.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.