-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Danrem 142 Buka Latihan Penanggulangan Kebakaran
Danrem 142 Buka Latihan Penanggulangan Kebakaran

Danrem 142 Buka Latihan Penanggulangan Kebakaran





Foto : Korem 142/Tatag,Kolonel Inf. Syafruddin,S.E,MM.,M.Tr (Han),
Saat membuka Pelatihan Penanggulangan Kebakaran


 
SPIRITnews.com.-Penanggulangan Kebakaran adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan  kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya  kebakaran,kegiatan         pencegahan kebakaran,kegiatan saat terjadi  kebakaran,dan  pasca  kebakaran.  

Kebakaran merupakan bencana yang dapat  merenggut korban jiwa maupun material dalam  jumlah banyak dan dalam  waktu yang sangat cepat,selain sumber  bencana  itu sendiri yaitu api, hasil  dari pembakaran berupa asap merupakan  racun yang tidak  kalah mematikan.

Banyak kejadian yang dapat kita jadikan pelajaran  pada terjadinya kebakaran  ini.
Dahsyatnya dampak  yang  diakibatkan kebakaran  mengharuskan kita  untuk waspada  terhadap kejadian  ini.

Dengan pelajaran ini,Korem 142/Tatag,Kodim 1402/Polman bekerjasama dengan BPBD, Manggala Agni  dan Dinas pemadam Kebakaran,Kab.Polman  melaksanakan latihan penanggulangan bencana kebakaran di Kodim 1402/Polman.

Latihan ini  diikuti  oleh 300 orang  peserta,yang  terdiri  dari  para anggota  Kodim 1402/Polman,Makorem 142/Tatag, Yonif 721/Makassar serta sebagai pemberi materi dari Dinas Pemadam Kebakaran,Manggala Agni serta BPBD Prov.sulbar.

Latihan dilaksanakan selama seminggu  mulai 30 November s/d 6 Desember 2015,Materi pelatihan  meliputi  Teknik  dasar pemadaman kebakaran  hutan dan lingkungan, pemadaman manual dan modern, serta penanganan dan evakuasi  penduduk pada penanggulangan bencana  alam Korem 142/Tatag.

Danrem 142/Tatag,Kolonel Inf.Syafruddin,S.E,M.M,M.Tr(Han)  mengatakan kegiatan  latihan lapangan penanggulangan bencana kebakaran hutan,kebakaran lahan  serta  kebakaran Bangunan merupakan upaya untuk mengkonsolidasi  dan  mengevaluasi  sejauh mana kesiap  siagaan,kita dalam bidang sumberdaya  manusia dan sarana prasarana penanggulangan bencana kebakaran yang tersedia,baik  milik  pemerintah  maupun  milik  masyarakat.

Lebih lanjut,Korem 142/Tatag,bahwa kita ingin  mengetahui  kesiap  siagaan komponen yang terlibat  seperti Pemadam  kebakaran,Manggala Agni,BPBD, Satpol PP,Tagana dan instansi yang terkait, serta didukung penuh oleh TNI,mulai dari perencanaan sampai terjadinya kebakaran.


Sambungnya dikatakan kita harus selalu siap siaga,itu yang diperlukan sehingga adanya ajang  seperti  ini kalau terjadi  bencana sudah  siap sebagaimana yang kita  siapkan ini,yaitu tiga tahap sebelum, sedang  dan  sesudah  pada waktu terjadi  kebakaran,harapannya.

Sementara menurut Kapendam VII/Wirabuanan Kolonel Czi I Made Sutia, berharap kepada seluryh peserta Latihan Penanggulangan Kebakaran,yang diselenggarakan oleh Korem 142/Tatag,betul-betul perhatikan semua materi yang mengajarkan tentang tata cara melakukan pemadaman kebakaran ujarnya.

Selain itu,Korem 142/Tatag,menyampaikan sambil mengharapkan kita semua dapat menanggulangi bencana serta selalu siap siaga menghadapi  bencana dalam  hal ini kebakaran khususnya di Kab.Polman.ucapnya.(Rs),Sumber berita Pendam VII/Wrb -Penrem 142/Tatag.



Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.