-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Warga Butuh Penerangan Sekitar 20% di Pangkep
Warga Butuh Penerangan Sekitar 20% di Pangkep

Warga Butuh Penerangan Sekitar 20% di Pangkep




Foto : Anak-anak sedang belajar dengan menggunakan lilin.


SPIRITNews.Com.- Daerah Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang wilayahnya terdiri dari daerah tiga dimensi Daratan,Pegunungan dan Kepulauan,yang ada di daerah ini masih banyak terisolir,serta warga masih ada sekitar 20 % wilayahnya,yang belum teraliri listrik dari PLN,pada hal telah di programkan PLTS dan Pemasangan Listrik Gratis.

Daerah tersebut diantaranya adalah didaerah oegunungan dan daratan yakni Padang Biru Kecamatan Segeri,Badong Kecamatan Tondong Tallasa,Bakka Kecamatan Minasatene,Bonti Kecamatan Balocci dan Pandang Lau di Kecamatan Pangkajene belum menikmati listrik.

Sedangkan untuk wilayah kepualauan, dari 117 pulau di Kabupaten Pangkep, baru tujuh pulau yang memiliki listrik PLN, empat PLTS, seperti di Pulau Balang Lompo, Sabutung, Karangrang dan Pulau Salemo, sedangkan 3 PLTD di Pulau Badi, Pulau Sarappo Lompo dan Kolambing dan 110 pulau lainnya masih belum teraliri listrik.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pangkep, Andi Iqbal Burhanuddin, mengatakan di Kabupaten Pangkep baru sekitar 80 persen daerah yang ada listriknya, lebihnya sementara diusahakan.

"Yang belum teraliri listrik itu adalah wilayah daratan, pegunungan ada juga dari kepulauan. Namun saat ini kami sementara usulkan ke pemerintah, "ujar Iqbal.

Lanjut diungkapkan bahwa itu disebabkan karena umumnya wilayah yang tidak teraliri listrik PLN diakibatkan karena daerahnya terisolir lantaran tidak ada jalur kendaraan.

Selain itu, wilayah kepulauan juga masih didominasi genset hasil swadaya masyarakat,di wilayah yang belum ada jaringan listrik PLN ini,kita bantu genset,” ujar Iqbal.

Lanjut Iqbal menyebutkan bahwa pada tahun ini,pemerintah akan membangun PLTS yang diperuntukkan kepada enam pulau,seperti Pulau Kondong Bali, Tampa'an,begitu juga di Pulau Kapoposang Bali,Aloang,Dewakkang Lompo dan Marasende tuturnya.

Dikatakannya bahwa ke enam pulau tersebut,sudah menjadi prioritas Kementerian SDM,untuk dibantu listrik dan kami juga berharap agar dipulau-pulau yang menggunakan genset itu,mendapatkan ganti rugi dari Kementerian SDM," kata Iqbal belum lama ini.

Sambung Iqbal,menjelaskan bahwa tahun ini pemerintah juga telah programkan listrik gratis dari PLN untuk masyarakat kurang mampu seperti di Desa Tondongkura,Kecamatan Tondong Tallasa serta warga juga akan diberikan meteran dan perlengkapannya secara gratis,ucngkap Iqbal.

Dia juga menambahkan bahwa saat ini sudah ada program pemerintah,yang akan berikan listrik gratis untuk masyarakat Tondong Kura,yang betul-betul kurang mampu,tambahnya.

Lebih jelasnya menurut Iqbal bahwa ada salah satu warga Pulau Balang Caddi  (Syamsur) berharap agar seluruh wilayah di kepulauan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ini,secepat dapat dijangkau infrastruktur listrik bertenaga surya secara terpusat,karena jika hanya mengandalkan genset untuk sumber energi listrik, warga pulau tentu saja akan terus tertinggal,dibanding daerah lainnya di wilayah Kabupaten Pangkep yang sudah penerangan listrik,terang Iqbal terhadap awak media belum lama ini.(Ss-Rs).


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.