-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
JPPR Sul-Sel : Nilai Pilkada Pangkep,Sangat Rawan Politik Uang
JPPR Sul-Sel : Nilai Pilkada Pangkep,Sangat Rawan Politik Uang

JPPR Sul-Sel : Nilai Pilkada Pangkep,Sangat Rawan Politik Uang




Foto Ilustrasi

SPIRITNews.Com.- Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sulsel menilai pada proses Pilkada atau pesta demokrasi lainnya sangat rawan terjadinya praktek jual beli suara masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh koordinator JPPR Sulsel,Zulfikarnain mengatakan, sangat rawan terjadi jual beli suara pada Pilkada yang dilakukan oleh oknum tertentu di daerah yang menggelar Pilkada serentak, khususnya di Pangkep jual beli suara itu dikenal dengan politik uang.

Sementara menurutnya soal jual beli suara bukan hal yang baru,dan hal tersebut telah terjadi pada Pemilu 2014 dan Pilkada di beberapa daerah lainnya yang telah menggelar pesta demokrasi,dan ini bisa saja terjadi kembali,saya melihat tingginya politkk uang. Pelakunya juga semakin kreatif. Yang jelas bentuknya mempengaruhi demokrasi,"katanya.

Lanjut diungkapkan bahwa beberapa oknum tim pasangan calon yang bertugas untuk merekrut suara mendatangi rumah warga secara satu persatu dan menukarkan formulir C6 dengan uang tunai atau sembako.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa hal ini sangat rawan terjadinya money politic,jual beli suara itu merupakan bagian dari politik uang atau money politik. Tapi jual beli suara itu dikemas dengan cara pendataan nama pemilih," katanya,Pada Hari Minggu kemarin (15/11/2015).

Sambung Zulfikarnain mengatakan, Panwas Pangkep harus lebih pro aktif untuk melakukan pengawasan,selain itu masyarakat juga harus terlibat mengantisipasi hal tersebut dengan cara melaporkan,jual beli suara katanya.

Sementara berdasarkan undang-undang pemilu baik yang menyerahkan maupun menerima,bisa dikenakan pelanggaran pidana dan denda berupa uang,ujarnya.(Ss-Rs).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.