-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Dirjen Dishub RI : Pemasangan Rel Petama KA Trans Sulawesi Sepanjang 1,5 Km
Dirjen Dishub RI : Pemasangan Rel Petama KA Trans Sulawesi Sepanjang 1,5 Km

Dirjen Dishub RI : Pemasangan Rel Petama KA Trans Sulawesi Sepanjang 1,5 Km





SPIRITNews.Com.- Rel yang akan digunakan untuk jalur Kerata Api (KA) Trans Sulawesi,kita ketahui baru dua minggu tibanya,tetapi saat sudah  dipasang dan pemasangan dilakukan di Kabupaten Barru,menuju Parepare yang sebelumnya telah terpasang bantalan relnya,itu baru dua minggu.

Diungkapkan bahwa pemasangan rel secara langsung akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, DR.H. Syahrul Yasin Limpo dan unsur muspida lainnya,baru-baru ini,ungkapnya.

Sementara menurut Direktur Jenderal Perkereataapian Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwi Atmoko menjelaskan, sejauh ini telah tiba 5.600 batang rel kereta dengan panjang 25 meter. Untuk pemasangan rel pertama, sepanjang 1,5 Km bantalan yang telah Terpasang seluruhnya akan dipasangi rel secara bertahap.

Diungkapkan bahhwa "Kita target sampai akhir tahun ini semua lahan yang pasangi rel mencapai 16,1 Km," ujar Hermanto dalam pemasangan rel pertama Jalur Makassar-Parepare, Jumat (13/11).

Lanjut Hermanto menjelaskan, sejauh ini Kemenhub telah menganggarkan dana Rp 971 miliar di 2015. Dana dibagi dua, 771 miliar untuk kontruksi KA dan 200 miliar untuk pembebasan lahan tahap II. Sedangkan dari Pemerintah Provinsi Sulsel sendiri dialokasikan dana Rp 100 miliar untuk pembebasan lahan tahap I.

Sambung Hermanto,menyebut bahwa pihaknya bersama Pemprov Sulsel telah menandatangi penetapan lokasi untuk tahap II. Dengan penetapan ini, pihaknya meminta agar pembebasan lahan tahap II di daerah sekitar Makassar hingga Parepare bisa segera diselesaikan oleh pemerintah daerah.

Pasalnya dengan dana yang telah ada, Kemenhub siap menggelontorkan anggaran tersebut saat lahan telah siap dibebaskan.

Selain itu,ditegaskan bahwa "Jangan sampai dana ini tidak habis dan nanti dikembalikan ke pusat. Karena ini sudah masuk anggaran untuk pembebasan. Kalau tidak habis akan susah lagi,"tegasnya.

Disampaikan pula bahwa dalam perhitungan Kemenhub, dana yang diperlukan untuk menyelesaikan jalur KA Makassar-Parepare mencapai 4,9 triliun. Nilai ini diluar dana yang telah disiapkan di tahun 2015.

Dana ini pun diluar lokomotif dan pembangunan stasiun. Dengan pagu anggaran yang akan diajukan ini, Hermanto berharap semua pejabat terkait termasuk masyarakat di Sulawesi Selatan bisa bekerja sama agar pembangunan KA ini bisa berjalan sesuai rencana, sehingga rampung di tahun 2018.

"Terlebih kepada masyarakat agar mau membebaskan lahannya untuk pembangunan peradaban ini," ungkap Hermanto.

Ditambahkan bahwa pembangunan KA di Sulawesi sendiri menjadi agenda pemerintahan Jokowi-JK. Hingga 2018, KA Trans Sulawesi dibangun pertama kali dengan jalur Makassar-Parepare sepanjang 145 km.

Lebih lanjut dikatakan bahwa jalur sepanjang ini akan tersedia 22 Stasiun Kereta Api,yang didatangkan dan disebut-sebut lebih modern dari KA yang sudah tersedia di Pulau Jawa,tambahnya belum lma ini.(*) Sumber berita humas Pemprov Sulsel.




Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.