-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Koh Bisa,Rupiah Menguat Tajam,Memiju Kekhawatiran
Koh Bisa,Rupiah Menguat Tajam,Memiju Kekhawatiran

Koh Bisa,Rupiah Menguat Tajam,Memiju Kekhawatiran





SPIRITnews.com.- David Sumual,Ekonomi Bank Central Asia (BCA) mengatakan, penguatan tajam rupiah terhadap dolar AS saat ini memang bisa menjadi berkah bagi pelaku pasar keuangan.

Semenatar dia menyebut, jika ada investor yang masuk ke pasar modal Indonesia saat rupiah lemah, bisa mendapat dua keuntungan sekaligus. Yakni, saat harga aset atau sahamnya naik dan rupiah menguat. ''Untungnya bisa berlipat,'' ujarnya, kemarin.

Selain itu,lanjut David,penguatan tajam rupiah saat ini juga memicu kekhawatiran, khususnya di sektor riil. Dia menyebut, memang banyak pelaku usaha yang senang dengan penguatan rupiah,namun ketika penguatannya terlalu tajam, bakal menyulitkan pelaku usaha dalam membuat proyeksi bisnis.

Lebih lanjut dijelaskana bahwa "Kalau melemahnya tajam, lalu menguatnya tajam, pelaku usaha pasti bingung (membuat perencanaan bisnis)," ucapnya.

Sedangkan dari pasar itu, dari pasar modal, bursa saham Indonesia menghijau di sepanjang pekan ini. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melompat sebesar 9,07 persen dan indeks LQ45 melesat 12,50 persen pada pekan ini seiring aksi beli investor asing.

Sehingga kenaikan secara kumulatif itu diraih setelah pada perdagangan akhir pekan kemarin IHSG ditutup menguat 97,911 poin (2,180 persen) ke level 4.589,344. Selanjutnya, indeks 45 saham unggulan atau LQ45 ditutup menguat 20,40 poin (2,65 persen) ke level 788,95. Secara year to date sejak awal tahun sampai dengan kemarin IHSG masih minus 12,20 persen, jauh berkurang dibandingkan pekan sebelumnya.

Sambungnya mengatakan bahwa secara konsistensi aksi beli investor asing sepanjang pekan ini diakhiri dengan pembelian bersih sebesar Rp 177,6 miliar pada penutupan perdagangan kemarin.

Sepanjang pekan ini, investor asing mencatatkan pembelian total sebesar Rp 14,487 triliun dan aksi jual sebesar Rp 12,224 triliun.  Dengan demikian terjadi pembelian bersih oleh investor asing sebesar Rp 2,263 triliun.  (*).Sumber Berita Jpnn.Com.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.