-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Warga 4 Lingkungan Kec.Minasatene Serba Kekurangan
Warga 4 Lingkungan Kec.Minasatene Serba Kekurangan

Warga 4 Lingkungan Kec.Minasatene Serba Kekurangan




Spiritnews.Com.-Warga Kelurahan Kampung Japing-japing,Bontolangkasa, Kecamatan Minasatene,Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), merasakan dampak musim kemarua di tahun ini.
                               
Akhirnya warga yang mengalami beberapa kekurangan diempat Lingkungan belajar menyampaikan aspirasinya,terutama warga yang mengalami kekurangan air bersih,mereka menilai kekurangannya sama sekali tak dapat perhatian dari pihak pemda pangkep.

Selain itu,disampaikan bahwa sumber mata air kamipun sudah pada kering, akhirnya kami diempat lingkungan,saat ini tergantung pada mobil tangki yang membawa air bersih,dan itupun kami beli airnya kepada kami di empat lingkungan di Kecamatan Minasatene,Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Sayang,meski mobil tangki sudah masuk didaerah mereka menjual air,ternyata sebagian besar warga belum memiliki bak penampungan air bersih umum permanen.

Walaupun ada itu milik pribadi itupun hanya kalangan ekonomi menengah keatas, sedang warga berharap agar pemerintah memberikan bantuan bak permanen, walaupun itu warga yang membeli air,tetapi yang jelas ada tempat penampungannya agar dapat diisi dalam jumlah banyak,itupun kami akan gunakan secara berkelompok.

Sulfiana salah seorang warga yang mengalami kekeringan,mengatakan setidaknya empat lingkungan di Bontolangkasa,yang mengalami kekeringan dilingkungan masing-masing terkhusus di beberapa RW diantaranya :  Banggae, RW.Kalibone, RW.Pareang dan RW.Japing-Japing.

Diakui pula bahwa dari empat lingkungan ini,sebagian besar belum punya bak penampungan permanen,kami berharap bantuan pemerintah agar setiap ada bantuan air atau membeli air satu tangki mobil bisa tertampung,terangnya,pada hari Kamis (3/9/2015).

Sementara itu “Kepala Polindes Japing-japing Hafida Amin,mengungkapkan bahwa saat ini,Polindesnya tidak memiliki air sama sekali,karena tidak ada bak air untuk menampung banyak air,sehingga jika ada yang melahirkan dirinya mengaku kesulitan untuk mencari air bersih saat ingin membantu pasiennya melahirkan, keluhnya kepada awak media belum lama ini.

Hafida Amin menuturkan bila ada pasiennya yang melahirkan,dikaui sangat susah karena tidak adanya air bersih,lebih lajut diucapkan bahwa pihaknya sudah beberapa kali meminta bantuan bak untuk Kelurahan Bontolangkasa,namun sampai saat ini belum ada realisasinya dari yang terkait,untuk itu kami minta kepada DPRD Pangkep kiranya dapat mendengar aspirasi kami.tegasnya.

Selain itu,diingatkan bahwa kekeringan bisa melanda setiap tahun,tetapi kalau ada bak penampungan permanen itu akan efektif jika pemerintah segera membangun,dengan alasannya bila tiba musim hujan,bak tersebut kan dapat menampung air hujan,terangnya.

Lanjut dikeluhkan warga selama ini,karena belum ada bak permanen, air warga terpaksa membeli air dengen jirigen 20 liter, itupun hanya cukup untuk masak, cuci baju, dan piring sedangkan untuk mandi dan buang air besar warga masih menggunakan air sungai yang airnya payau,keluhnya.

Selain itu,mereka juga mengungkap kalau saat beberapa perempuan pengurus pimpinan ranting Aisyiyah kelurahan Bontolangkasa,Pangkep,melakukan pelatihan public speaking training,untuk 20 Ibu-ibu rumah tangga di gedung Madrasah Aliah Darul Fath Bontolangkasa,untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan pemerintah untuk menyampaikan aspirasi perempuan.

Merekapun menambahkan bila dalam waktu dekat tidak dapat perhatian,maka kami akan mendatangi Kantor DPRD Pangkep,untuk melakukan dialog guna membahas persoalan yang melanda setiap tahun, selain air bersih mereka juga terkendala pada fasilitas jamban (WC) umum,sebab sehari-hari mereka membuang hajat mereka di pinggir kali karena tidak adanya air untuk cuci kakus mereka.(Rs-Khr).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.