-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Pangdam VII : Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berwawasan Kebangsaan
Pangdam VII : Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berwawasan Kebangsaan

Pangdam VII : Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berwawasan Kebangsaan





Spiritnews.Com.-Panglima Kodam (Pangdam) VII/Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar,S.IP.,M.AP,memberikan kuliah umum dihadapan 1000 Mahasiswa/ Mahasiswi baru UIN tahun ajaran Akademik 2015/2016, di Auditorium Kampus UIN Samata, Kabupaten Gowa, Selasa (1/9).

Sementara dalam meteri Pangdam VII/Wirabuana,menguraikan materi kuliah umumnya,yang di beri judul “ Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berwawasan Kebangsaan ”.

Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Rektor UIN Prof. DR.H. Musafir, M.Si, para Civitas Akademika, para Asisten, Kapendam dan Kabintaldam VII/Wirabuana.

Mayjen TNI Bactiar,S.IP.M.AP,pada kesempatan tersebut menguraikan materi tentang, Implikasi dari globalisasi tentang hilangnya ruang,jarak dan waktu serta wilayah territorial,yang membatasi interaksi manusia di berbagai belahan dunia, atau sering disebut dengan istilah “boarder less” (dunia tanpa batas) jelasnya.

Selain itu,Pangdam juga menjelaskan tentang masa yang akan datang,menurutnya energi fosil digantikan dengan bio energi,tempat konflik akan mengarah pada lokasi sumber pangan yang sekaligus merupakan sumber energi Indonesia,dan memiliki potensi vegetasi sepanjang tahun sehingga akan menjadi arena persaingan kepentingan nasional berbagai negara,bukan tidak mungkin akan menjadi ancaman  terhadap integritas dan kedaulatan bangsa dengan munculnya, perang asimetrik (asymetric war),perang hibrid (hybrid war) dan perang proxy (proxy war) terangnya.

Lanjut dikatakan bahwa peran SDM Indonesia,itu menjadi kunci pokok didalam menghadapi ancaman,karena SDM sebagai  human capital adalah modal utama bangsa didalam mengelola sumber daya nasional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,sehingga pendidikan merupakan pilar utama dalam membentuk SDM.

Sementara diungkapkan bahwa soal bidang Politik, tahun 2014 adalah tahun yang sulit dengan adanya bencana alam dan tahun politik sumber daya manusia (SDM) adalah faktor kunci dalam mengatasi permasalah bangsa untuk menghadapi persaingan global,ungkapnya.
Sehingga “ Pembangunan Sumber Daya Manusia “, Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar di Asean itu harus memiliki penduduk dengan SDM yang  baik dan berkualitas,agar tidak dijajah bangsa luar melalui pasar ekonomi  (Afta), sehingga dalam meningkatkan SDM bangsa Indonesia,itu harus menjadi prioritas utama,mengingat SDM sebagai human capital yg mempunyai daya saing tinggi (competitiveness),paparannya.

Selain itu,kata Pangdam bahwa untuk membangun SDM yang competitiveness dibutuhkan pelaksanaan yang komprehensif,integralistik dari seluruh stake holder terkait dengan kerjasama dan sinergitas, dapat dicapai apabila, adanya kesamaan visi, misi dan persepsi, harmonisasi, dialog dan komunikasi serta dan sinkronisasi dan koordinasi.ujarnya.

Sehingga SDM perlu dibangun melalui, pendidikan jalur formal, informal dannon formal mengedepankan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik, pembangunan nilai-nilai  wawasan kebangsaan/nasionalisme.

Sambung Mayjen TNI Bachtiar,S.IP.M.AP,dijelaskan bahwa untuk membangun SDM di Indonesia,itu harus melalui 3 domain,yaitu kognitif, afektif, sikomotorik, sehingga dari ketiga nilai tersebut,tentu saja akan melahirkan SDM dengan daya saing yang tinggi dengan memiliki nilai-nilai yang postif diantaranya ; kualitas moral yang baik, disiplin kerja yang optimal, kejujuran, tidak kenal menyerah, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, tingkat pengetahuan dan keterampilan yang bagus,mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership), mempunyai kemampuan manajerial, dan mempunyai wawasan kebangsaan yang baik.

Kapendam VII/Wrb Kolonel Czi I Made Sutia,mengatakan bahwa setelah Pangdam memberikan kuliah umumnya,lanjut kegiatan rangkaian dari acara tersebut, Pangdam menyematkan jaket Almamater kepada perwakilan Mahasiswa/ Mahasiswi  baru UIN,di Tahun Ajaran Akademik 2015/2016,tambah Kapendam. (Rusli) Sumber Berita Pendam VII/Wrb.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.