-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
"PANGKEP EMAS" bersama HARAPANKU
"PANGKEP EMAS" bersama HARAPANKU

"PANGKEP EMAS" bersama HARAPANKU

 

Oleh : Relawan Harapan

Pangkep dikenal sebagai wilayah 3 dimensi, terdiri dari wilayah pegunungan, pesisir/dataran rendah dan kepulauan. Ini menjadikan Pangkep memiliki SDA yang kaya. Hanya saja, amat miris jika menemui kenyataan bahwa masih adanya masyarakat di beberapa wilayah yang kurang mendapatkan pelayanan. Baik karena kendala infrastrukrur maupun karena SDM yang kurang memadai dalam memberikan pengabdiannya.

Di daerah-daerah pelosok utamanya wilayah pegunungan dan kepulauan kurang mendapat perhatian selama ini. Seakan masyarakat disana hanya menjadi bagian administratif dari daerah Pangkep. Banyaknya keluhan dari warga dua wilayah ini mempertegas bahwa memang selama ini Pangkep belum sepenuhnya bisa hadir di setiap golongan masyarakat. Masih ada yang merasa di-anak tiri-kan sampai saat ini.

Di zaman pemerintahan Bpk. Baso Amirullah Pangkep yang 3 dimensi ini dibangun Pesantren yang dibagi dengan nama pesantren perunggu, perak dan emas. Itu ditandai dengan simbol pesantren yang dibangun beliau di masing-masing wilayah yang mewakili 3 dimensi itu. Perunggu di Pulau, Perak di Pegunungan dan Emas di Kota. Sehingga memang jika melihat simbolisasi ini terdapat perbedaan dalam memandang wilayah ini. (Tapi semoga bukan itu maksud dari beliau dulu).
 

*******

"Setiap zaman pasti ada pemimpinnya. Setiap pemimpin punya warna tersendiri untuk mewarnai zamannya"

Hari ini kita harus memandang Pangkep sebagai satu wilayah yang terintegritas. Setiap dimensi adalah bagian dari dimensi lainnya. Karenanya adalah ketidak adilan tatkala kita ingin mengembangkan Pangkep namun melupakan dimensi lain dengan mengutamakan dimensi lainnya. Buat apalah kota kita dikenal jika nyatanya di banyak wilayah pelosok terdapat warga yang merasa bukan bagian dari keberhasilan pembangunan kota.

Pangkep hari ini adalah Pangkep emas. Artinya setiap dimensi wilayah adalah sama berharganya dan harus dikembangkan dengan baik.

Pengembangan dengan fokus di bidang agrari (pertanian) dan maritim (kelautan,termasuk pengembangan pulau) untuk menunjang pembangunan berkwlanjutan di pusat kota. Ini dikenal dengan partisipasi aktif dari wilayah desa untuk menyokong pemerintahan daerah. Dalam artian potensi SDM yang ada di setiap wilayah layaknya diberdayakan sesuai dengan potensi daerahnya.

Hal yang perlu dilakukan dari segi agraria mislkan memamfaatkan lahan yang ada untuk bisa ditanami atau diolah. Bukan malah menjadikan lahan tidur sebagai bahan tambang untuk diangkut ke kota. Begitupun dari segi maritim yang perlu diberdayakan adalah kesadaran para nelayan untuk memberdayakan diri dan melindungi kelangsungan hidup perairan laut dengan tidak melakukan peyelwengan dalam menangkap ikan hanya karena desakan pengepul ikan yang memberikan modal. Begitupun dari sektor wisata, harus dikembangkan agro wisata dan wisata bahari yang tentu tetap mewakili pengembangan sektor pertanian dan kelautan.

Semua hal yang ada ini memang masih sebatas gagasan yang perlu diwujudkan. Olehnya kami Relawan Harapan saat ini memilih untuk berdiri tegak berjuang bersama HARAPANKU yang memiliki visi sama untuk mengembangkan 2 sektor ini di masa akan datang. Karena bagi kami kemandirian suatu daerah itu hanya bisa dicapai dengan sadar akan potensi daerah yang perlu dikembangkan. Dan wilayah Pangkep adalah daerah yang sangat potensial dalam mengembangkan agrari dan maritimnya. Hanya saja memang dibutuhkan SDM yang mumpuni sebagai pelopor dalam pengembangannya dan itu harus diambil alih oleh Pejabat tertinggi di wilayah ini sebagai pengambil kebijakan ke depannya dalam program kerja pemerintahannya.

Bagi kami, Pangkep untuk 5 tahun ke depan bukan lagi ajang coba-coba pemimpin. Dan indikator sederhana kami adalah siapa yang memiliki gagasan untuk melakukan itu sudah mulai berbuat untuk mewujudknnya dengan pertama kali memikirkannya. Daripada mereka yang tak pernah/ belum pernah memikirkan persoalan ini untuk dikembangkan. Dan ini ada pada HARAPANKU yang dalam visinya akan mengembangkan 2 sektor ini sebagai hal yang penting untuk diwujudkan terlebih dahulu.

"Berilah seorang seekor ikan. Maka kau akan menghidupinua sehari. Tapi jika kau membe4inya pancing dan mengajarkannya maka kau bisa membuatnya bertahan hidup lebih lama"

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.