-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Kompol Ade Hermanto : Rekrutmen Anggota Polri,Tetap Dalam Pengawasan Internal & Eksternal
Kompol Ade Hermanto : Rekrutmen Anggota Polri,Tetap Dalam Pengawasan Internal & Eksternal

Kompol Ade Hermanto : Rekrutmen Anggota Polri,Tetap Dalam Pengawasan Internal & Eksternal

Spirit News.Com.- Pelaksanaan pengawasan kegiatan Rikkes, baik di tingkat " Panpus maupun "Panda wajib  melibatkan " Pengawas harus ada pengawasan Eksternal dalam pelaksanaan Rikkes,sesuai dengan ketentuan dalam “ BAB 3 III Tentang Pengawasan dan Pengendalian “

Telah diuraikan dalam Pasal 5,bahwa  " Pengawas Rikkes sebagaimana dimaksud dalam "Pasal  32, dengan meliputi :a.Pengawas eksternal, b.Pengawas internal.

“ Pasala 336 dan Pasal 55 ” Pengawas Eksternal sebagaimana dimaksud dalam pasal 3,huruf (a) terdiri dari : 

a.-Pengawas Eksternal Medis yang berasal dari anggota Ikatan dokter  Indonesia,yang ditunjuk berdasarkan rekomendasi.

b.-Pengawas eksternal Non medis berasal dari luar Polri yang mewakili kelompok masyarakat dan dizinkan oleh Ketua “ Panitia Seleksi   Pengawasan Sub Panda.

Pengawas Eksternal sebagaimana dimaksud pada ayat mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh proses dan tahapan Rikkes Calon Anggota Polri dengan tetap Memperhatikan asas kepatutan.

Sementara proses seleksi calon anggota polri se-Indonesia,sedang berlangsung tahap demi tahap disetiap panda,subpanda di Polda masing-masing,dan para casis telah melengkapi persyaratan dari polres masing-masing dan akhirnya,ikut seleksi lanjutan di Panda Polda masing-masing.

Menurut AKP Abd Rahman,dari salah seorang tim panitia rikkes polda sulsel, disaksikan oleh AKBP Idrus,tak henti-hentinya memberikan nasehat terhadap para casis,tentang perlunya para casis baik Taruna-Taruni,Bintara dan Tamtama,harus belajar disiplin mulai dari sekarang ucap Abd Rahman didepan para casis.

Lanjut disampaikan panitia rikkes setelah para casis mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap pertama,terlebih dahulu menyampaikan agar casis yang tidak memenuhui syarat,disampaikan bahwa dua hari dari sekarang apa kekurangannya,diminta datang mempertanyakan apa kekurangannya, sehingga tidak memenuhui syarat kata AKP Abd Rahman.

Selain itu,Kompol Ade Hermanto,Kasubag Seleksi Casis dari SDM Polda Sulselbar, dari Sekertariat berharap terhadap keluarga casis agar jangan pernah percaya terhadap siapa saja yang mmengaku bisa meluluskan anak anda jadi polisi,dimana kita telah memkampanyekan disetiap polres jajaran tandasnya.

Disampaikan Kompol Ade Hermanto bahwa rekrutmen anggota polri tahun 2015,panitia telah menyiapkan dua lembaga pengawas eksternal diantaranya dari Lembaga Pers,Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),serta Tokoh Masyarakat ucap Ade.di Aula SPN Batua Makassar.

Sambung Kompol Ade Hermanto,saat dikonfirmasi sehubungan dengan keterlibatan pengawas Eksternal dari Media dan LSM,dikatakan bahwa kedua lembaga tersebut tetap diharapkan melakukan pemantauan setiap seleksi tahap demi tahap terang Ade.

Ditambahkan bahwa “ Penerimaan Anggota Polri Tahun 2015,Panda Polda Sulselbar,“ Taruna-Taruni,Bintara dan Tamtama,tetap seperti tahun lalu ,dimana panitia tetap melaksanakan Penerimaan pada Prinsip “ Bersih Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) “,tambahnya.

Dia juga berharap Lembaga Pers,dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), termasuk dari Tokoh Masyarakat, serta dari Internal Polri sendiri harapnya,baru-baru ini.

Sementara  setiap rikkes tahap pertama,turut diawasi tim medis dari luar,termasuk dari Internal Polri sendiri serta pengawas eksternal seperti terlihat dalam foto berita tersebut diantaranya ; AKBP Idrus,AKBP Alex,Kompol Ince, Kompol Parawansya,AKP Abd Rahman,AKP Baharuddin,AKP Madi,serta beberap personil dari Pampropam dan Provos Polda Sulselbar.

Namun berdasarkan pemantauan Pengawas Eksternal dari Lembaga Pers, diharapkan agar pada seleksi selanjutnya,tidak ada lagi casis yang pulang kerumahnya , dengan berbagai alasan casis tersebut,dan Pengawas Eksternal dari Pers, mereka yang tidak disiplin tentu saja tidak layak jadi polisi.

Lebih lanjut diharapkan agar Casis yang pulang sebelum kegiatan selesai,lebih baik langsung dimasukkan namanya di Kategori " TIDAK MEMENUHUI SYARAT ",dari pada akan jadi polisi yang tidak displin,banyak casis yang lebih baik dan ikut segala aturan dari panitia,dimana kita ketahui bahwa bersama dalam aturan seleksi para casis tidak diperbolehkan meninggalkan tempat kegiatan,

Karena akan berdampak terhadap panitia bila mana mendapat masalah diluar tempat pelaksanaan seleksi,dan tentu saja tanggungjawab panitia,menurut Kompol Mote Tajuddin,saat dikomfirmasi tentang adanya beberapa casis polki yang terlambat datang saat akan diumumkan hasil Rikkes Tahap Pertama dari Panitia.

Sementara proses pemeriksaan kesehatan tahap pertama ini,berdasarkan pemantuan pengawas eksternal dari lembaga pers,menilai sudah lebih baik dari tahun lalu,dimana panitia kesehatan telah mempersiapkan kartu pemeriksaan untuk para casis,dan tidak memperunakan lagi nomor tes dari polres.


Dituturkan pula tentang hasil rikkes tahap pertama,sangatlah Bersih,Transparan, Akuntabel dan Humanis,dimana hasilnya tidak menunggu waktu lama satu,dua atau tiga hari,tahun ini setelah semua casis selesai periksa,hasilnya tinggal mmenunggu beberapa menit langsung ada dan diumumkan pada hari itu juga,semoga seleksi atau tes lainnya juga bisa sama saat dengan rikkes hasilnya tidak menunggu waktu lama terangnya.(Rusli).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.