-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Inilah Penyakit Mematikan yang Bisa Disembuhkan Melalui Salat Tahajjud
Inilah Penyakit Mematikan yang Bisa Disembuhkan Melalui Salat Tahajjud

Inilah Penyakit Mematikan yang Bisa Disembuhkan Melalui Salat Tahajjud



SPIRIT News.com.- Khasiat Salat tahajjud berasal dari kata tahajjad. Kata tahajjad dipahami dalam arti tinggalkan tidur untuk melakukan salat. Salat ini dinamai juga salat lail (shalat malam), karena ia dilaksanakan di waktu malam yang sama dengan waktu tidur. Ada juga yang memahami kata tersebut dalam arti bangun dan sadar sesudah tidur.

Tahajjud kemudian menjadi nama salat tertentu, karena yang melakukannya bangun dari tidurnya untuk melaksanakan salat. Salat ini terdiri dari dua sampai delapan rakaat dan dikerjakan di dua pertiga malam, separuh malam, atau sepertiganya.

Orang yang mengikuti Rasulullah Saw mengerjakan salat tahajjud akan diganjar dengan mendapatkan tempat terpuji kelak di akhirat, seperti yang terdapat pada QS 17: 78-79, “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

” Tak hanya mendapat derajat mulia di hadapan Allah Swt, namun pelaku salat tahajjud juga akan mendapatkan manfaat positif bagi kesehatan jasmani seperti yang telah diteliti sejumlah dokter, di antaranya:

Salat malam dapat meningkatkan ketahanan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung, otak, dan organ-organ tubuh lain. Karena orang yang bangun malam dapat menghentikan kebiasaan tidur terlalu lama yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Bangun malam dapat menjadikan tubuh bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit-penyakit punggung pada usia tua.

Dalam salah satu penelitian medis terbukti bahwa orang-orang tua yang terbiasa salat malam pada bulan Ramadan relatif lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung daripada orang-orang tua yang tidak salat malam. 

Salat tahajjud memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi yang cukup besar dan memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai strategi penanggulangan adaptif pereda stres.

Dalam bidang bio-teknologi, salat tahajjud dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan respon ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena penyakit kanker.

Salat tahajjud yang dijalankan dengan penuh kesungguhan, khusyukan, tepat, ikhlas, dan kontinyu diduga dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif,dan respons emosi positif dapat menghindarkan reaksi stres.(*),Artikel ini dikutip dari alifmagz.com/Tribun-timur.com.

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.