-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Balikpapan,Semarak Hardiknas di Rangkaikan Upacara Saraswati
Balikpapan,Semarak Hardiknas di Rangkaikan Upacara Saraswati

Balikpapan,Semarak Hardiknas di Rangkaikan Upacara Saraswati





SPIRIT News.Com.- Upacara Saraswati dan Piodalan,dirangkaikan dengan semarak “ Hari Pendidikan Nasional tahun 2015 “,(Hardiknas).

Sementara pelaksanaan Upacara Saraswati dan Piodalan, berdasarkan pantauan awak media,terlihat sejumlah  Umat Hindu mendatangi tempat Ibadah Pura Girijaya Natha,tempat lokasi terselenggaranya acara tersebut,tepatnya di Jalan Martadinata, Gunung Pasir,Balikpapan (Kaltim) sabtu lalu.

Pelaksanaan upacara Saraswati di yakini hari turunnya ilmu pengetahuan bagi umat hindu yang di peringati setiap tahunnya, sedangkan upacara piodalan adalah Ritual upacara Pura yang di selenggarakan setiap 210 hari sekali.

Sebelum memasuki tempat ibadah umat terlebih dahulu di sucikan dengan di percikan air suci yang di sediakan di depan pintu masuk pura dan di wajibkan memakai selendang, wanita yang sedah halangan tidak di perkenankan memasuki tempat ibadah.

IDA PEDANDA PRABAWA NANDA GIRI,seorang pria yang di dandani layaknya raja juga sebagai pemimpin upacara, dengan di iringi musik gamelan khas bali tampak khusu memanjatakan doa untuk sang Dewa sambil membunyikan lonceng kecil di tangannya.

Menurut I Dewa Made Wirya,selaku Ketua PHDI (Persada Hindu Darma Indonesia),“Upacara ini karena bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional maka di yakini sebagai upacara yang sangat sakral dan di sambut antusias oleh umat ” tuturnya.

Dikatakan bahwa tiga orang anak pria itu menjadi memimpin PHDI sejak dari 2012 sampai 2017,baru akan di adakan pemilihan ketua yang baru.

Sementara suasana antusias,ramah dan di iringi senyuman dapat di temui oleh setiap umat,dan acara tersebut berlangsung selama 2 hari berturut turut.

Sambungnya menjelaskan bahwa dihari pertama di laksanakan Upacara potong gigi,yang merupkan salah satu rangkaian,dari kegiatan upacara untuk manusia yadnya (upacara keagamaan untuk manusia umat hindu tentunya),yang sering di sebut dengan mepandes/metatah atau mesangih.

Lanjut diungkapkan bahwa kegiatan ini bisa juga di laksanakan untuk anak yang sudah beranjak dewasa,dan diyakini bahwa potong  gigi sebagai ritual untuk mengendalikan 6 sifat buruk yang ada dalam diri manusia,yang di kenal dengan sad ripu  diantaranya :

hawa napsu, rakus/tamak/keserakahan,angkara murka/ kemarahan, mabuk membutakan pikiran,perasaan bingung dan iri hati/dengki.

Disampaikan sejumlah pelajar ikut serta mermaikan upacara tersebut dan ikut serta dalam beribadah,katanya terhadap awak media. (Jaluddin).


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.