-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Mattopang Arajang “ Semaraknya Peringatan Hari Jadi Bone “
Mattopang Arajang “ Semaraknya Peringatan Hari Jadi Bone “

Mattopang Arajang “ Semaraknya Peringatan Hari Jadi Bone “


SPIRITNews.Com.- Prosesi Mattompang Arajang merupakan salah satu rangkaian kegiatan ritual disetiap acara Peingatan Hari Jadi Bone yang dilaksanakan setiap tahunnya. Seperti halnya peringatan Hari Jadi ke-685 Bone Tahun 2015 ini acara  ritual  penyucian benda-benda peninggalan kerajaan Bone yang biasa disebut " Mattompang Arajang " dilaksanakan di halaman Museum Arajangnge Bone yang berada di Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Minggu lalu.

Prosesi Mattopang disaksikan langsun oleh Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahadin Padjalangi, M.Si.kegiatan tersebut adalah salah satu acara penyucian ini yang dilakukan oleh para Bissu dengan ritual penuh hidmat.
Ini salah satu semarak hari jadi ” Bumi Aung Palakka “ Ke-685,di Tahun 2015, yanh dirangkaikan dengan penyucian benda-benda  pusaka kerajaan Bone,dimana beberapa yang disucikan diantaranya seperti  Keris Lamakkawa,Kalewang Latea Riduni,Tombak La Salaga,Alameng Tattarapeng ( Senjata Ade' Pitue ),selain itu Teddung Pulaweng ( Payung Emas ), Sembang Pulaweng ( Selempang Emas ).

Namun semua itu adalah bagian dari prosesi adat ini,disaksikan langsung oleh ribuan warga Bone dari segala penjuru dunia,termasuk para pemangku adat yang ada di wilayah sulselbar.

Acara Mattompang atau penyucian Arajang diskasikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan,H Syahrul Yasin Limpo, Ketua DPRD Sulawesi Selatan H.M Roem,Serta  Muspida Bone,Para Pimpinan SKPD,Tokoh Adat Bone dan Para undangan.

Selain itu ribuan warga Bone, Serta turut  dihadiri sejumlah tokoh adat dari daerah-daerah tetangga yang punya hubungan sejarah kerajaan Bone pada zaman dulu,seperti  Gowa, Buton, Wajo, Soppeng, Luwu,  dan KKMB ( Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone).

Bupati Bone dalam sambutannya mengatakan "Orang cerdas selalu memiliki keyakinan dan semangat yang kuat  dan senantiasa menjungjung tinggi  harkat martabat, adat dan budayanya, karena adat dan budaya yang kuat dapat  menuntun kita serta selalu bekerja sama membangun daerah,  sesuai motto Bone  yang kita punya " Sumange Tealara " yang artinya Teguh dalam Keyakinan Kukuh dalam Kebersamaan.

Lanjut Bupati sampaikan bahwa yang intinya  “ Mari Membangun Bone Kampung Halaman, Mali siparappe (saling menolong), rebba sipatokkong (saling membantu)  malilu sipakainge (saling mengingatkan)” katanya.

Diakhir sambutan Bupati Bone diajak semua warga Bone di manapun berada,agar senantiasa tetap menjaga martabat  sebagai orang Bone serta  menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Bone.


Andi Baso Fashar M.Padjalangi,menambahkan agar kita semua orang Bone,selalu menjaga martabat dan nilai-nilai budaya Bone,yang dapat mengangkat martabat dan wibawa orang Bone itu sendiri,tambahnya.(Hamsar-Jml).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.