-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Korem 141/Tp,Lakukan Gerakan Peningkatan dan Deteksi Dini Kanker
Korem 141/Tp,Lakukan Gerakan Peningkatan dan Deteksi Dini Kanker

Korem 141/Tp,Lakukan Gerakan Peningkatan dan Deteksi Dini Kanker





Spirit News.com.- Memperingati hari Kartini, Korem 141/Tp, melaksanakan Program Nasional Gerakan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia, yang dilaksanakan di Denkesyah Bone, Selasa (21/4).

Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) merupakan pemeriksaan alternative dari papsmear karena biayanya  murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan. Peralatan yang digunakan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

Pemeriksaan IVA dilakukan dengan speculum melihat langsung. Leherrahim yang telah di pulas dengan larutan asam asetat 3-5 %, jika ada perubahan warna atau tidak muncul plak putih, maka hasil pemeriksaan dinyatakan negative.

Sebaliknya jika leher rahim berubah warna  menjadi merah atau timbul plak putih maka  maka dinyatakan positip lesi atau kelainan prakanker. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan khususnya bagi ibu-ibu yang kurang mengerti/memahami tentang Pap Smear.

Dijelaskan secara singkat, bahwa Pap Smear merupakan tes skrining yang digunakan untuk mendeteksi berpotensi proses prakanker dan kanker pada saluran endoserviks (transformasizona) dari system reproduksi wanita. 

Di Indonesia ,kanker serviks,(disebut juga dengan kanker leher rahim) merupakan kanker penyebab kematian nomor satu bagi perempuan dan jumlah penderitanya menempati urutan kedua setelah kanker payudara. 

Kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus.  Kanker ini dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan rutinsehingga .jika ditemui adanya kelainan bisa segera ditangani sedini mungkin. Pap smear atau Pap Test adalah tesspesifik yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim/kankerserviks.

Aktivitas seksual merupakan salah satu predisposisi kankerserviks, Sehingga Pap Smear menjadi salah satu pemeriksaan yang penting dilakukan oleh perempuan yang telah aktif secara seksual.
Meski Pap smear hanya metoda skrining yang fungsinya untuk pencegahan KankerServiks, namun metode ini mampu mendeteksi lebih dari 90 % kanker leher rahim tahap awal yang masih mungkin untuk disembuhkan.

Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh jajaran Korem 141/Tp,dan turut hadir dalam kegiatan ini Kasrem 141/Tp,Kasi TerKorem 141/Tp,Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 141 PD VII/ Wirabuana, beserta pengurus .(Rusli/Pendam Kodam VII/Wirabuana-Penrem 141).


Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.