-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Kadiskes : 38 Puskesmas Siapkan Layanan Deteksi Kanker,di Makassar
Kadiskes : 38 Puskesmas Siapkan Layanan Deteksi Kanker,di Makassar

Kadiskes : 38 Puskesmas Siapkan Layanan Deteksi Kanker,di Makassar



SPIRIT News.com.- Sebanyak 38 Puskesmas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menyiapkan layanan untuk mendeteksi dini kanker pada perempuan.

Sementara menurutnya “Layanan pendeteksian dini kanker ini tanpa dipungut bayaran dan juga terlayani dengan kartu BPJS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah P Azikin di sela-sela pencanangan Program Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan di Puskesmas Batua, Makassar, Selasa 21/4/15

Lanjut dikatakan bahwa pelayanan yang dilakukan itu sudah dimulai sejak 2014 dan sejumlah dokter dan bidan sudah dilatih di tingkat nasional, termasuk lima pengelola puskesmas di Kota Makassar.

Sambung dia, hingga saat ini sudah 33 puskesmas yang mendapatkan pelatihan pendeteksian dini kanker serviks. Termasuk lima orang bidan yang juga mendapatkan pelatihan tersebut.

Sementara berdasarkan data Yayasan Kanker Indonesia Cabang Sulsel diketahui pada 2014 diprediksi Ca Serviks sebanyak 460 kasus. Sedang khusus Kota Makassar terdapat Ca Serviks 64 kasus dan 317 kasus kanker payudara. Namun kasus kanker secara keseluruhan tercatat 456 kasus.

Diungkapkan pula bahwa apabila pendeteksian itu ditemukan gejala ataupun positif mengindap kanker, maka pasien akan dirujuk ke tiga rumah sakit yakni RS Daya, RS Awal Bros, dan rujukan akhir di RS Regional Wahidin Sudirohusodo di Makassar,ungkap Naisyah.

Sehubungan dengan pentingnya mencegah dan mendeteksi dini kanker pada perempuan, lanjut dia, maka pasangan usia subur yang berumur 18 tahun ke atas, termasuk perempuan usia 35 – 50 tahun diwajibkan untuk memeriksakan diri untuk dites Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Sementara pada kegiatan pencanangan Program Nasional Pencegahan dan Pendeteksian Dini Kanker pada perempuan di Indonesia, di Puskesmas Batua terdapat 196 pasien yang mendapatkan tes IVA.

Selain itu, sebanyak 1.000 orang anggota Persatuan Isteri TNI (Persit) juga akan memeriksakan diri setelah hari pencanangan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya benih kanker yang membahayakan kesehatan perempuan.

“Ini mengingat bahwa kanker pada perempuan semakin meningkat dari tahun ke tahun,karena itu, bantuan media juga sangat penting untuk menyosialisasikan pentingnya memeriksakan diri untuk mendeteksi dini kanker,” katanya (Rs-Rml).











Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.