-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Kabupaten Wajo Jadi Percontohan Pertanian Nasional
Kabupaten Wajo Jadi Percontohan Pertanian Nasional

Kabupaten Wajo Jadi Percontohan Pertanian Nasional



Spirit Wajo.Com. Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru melakukan panen jagung di Kecamatan Belawa rabu 4 maret 2015 kemarin. Dalam acara tersebut, hadir Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan Lutfi Halide bersama jajaran serta unsur muspida Kabupaten Wajo dan disaksikan oleh kelompok tani jagung kecamatan Belawa.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan, Lutfi Halide mengatakan, tahun 2015 ini merupakan tahunnya petani lebih khusus petani padi, jagung dan kedelai. Dan Wajo menjadi daerah percontohan pertanian nasional. Terbukti dari fakta integritas yang sudah ditandatangani dengan Pangdam VII Wirabuana yang ditindak lanjuti oleh Dandim dan kepala dinas di kabupaten kota.

 "Untuk tahun 2015, Dinas pertanian Provinsi mengelola 4 triliun untuk dihabiskan di bulan Maret. Di provensi ada 100 ribu hektare untuk jagung, ada kedelai 150 ribu hektare, berapa kemampuannya Wajo, kita selesaikan secara ada supaya jelas karena dananya ada," kata Lutfi Halide Lutfi juga mengaku, pemerintah perlu ada revitalisasi kelompok tani di Wajo.

Karena dana semua lari ke rekening masing-masing kelompok itu paling lama tiga hari dan tahun 2015 ini. Dandim dan mahasiswa juga akan diterjungkan mengawal petani "Pembagian benih tidak akan terlambat karena program pemerintah pusat adalah kedaulatan pangan dan orang Sulawesi Selatan menjadi menteri pertanian maka ini menjadi kesempatan untuk menjadi pensuplai pangan ke pusat," imbuh LHD.

Bupati Wajo HA Burhanuddin Unru mengatakan saatnya masyarakat meminta bantuan kepada pemerintah provinsi mengingat peluan untuk mendapatkan bantuan terbuka lebar namun masyarakat juga tidak boleh asal meminta.

"Wajo merupakan kabupaten yang paling lengkap potensinya dibandingkan kabupaten lain. Di Wajo ada berbagai potensi yang bisa digarap baik khususnya perkebunan untuk jangka panjang baik kakao, cengkeh, rambutan, langsat, merica, dan masih banyak lainnya," kata Burhanuddin Unru Bupati dua priode itu mengatakan di Wajo ada 18 ribu hektare yang berpotensi digarap dan itu sangat luar bisa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Selain itu, untuk sektor pertanian, pemerintah saat ini sementara memikirkan bagaimana caranya airnya danau tempe bisa diambil untuk mengairi sawah dan dijadikan sebagai air minum. "Air Danau Tempe akan dinaikkan ke Bulucepo dan mengairi 20 ribu hektare di tiga kecamatan dan ini sudah di diskusikan dengan JICA dan ini bisa menambah penghasilan petani khususnya yang bekerja di sawah. Dengan difungsikannya nanti ini, maka kita akan suplus beras keluar karena kebutuhan kita hanya 50 ribu ton," tegasnya.(*)

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.