-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Hasil Kinerja Enam Bulan Pertama Pemerintahan Jokowi -JK
Hasil Kinerja Enam Bulan Pertama Pemerintahan Jokowi -JK

Hasil Kinerja Enam Bulan Pertama Pemerintahan Jokowi -JK





Untuk Mengetahui HasilCapaian Kinerja Kabinet JOKOWI-JK,baca disini
SPIRIT News.Com.- Perbincangan Kepala Negara (Presiden) RI, Joko Widodo dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri), didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, saat melakukan Historical Walk di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, dalam peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia-Afrika, Jumat (24/4/2015).

Kebijakan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menyediakan layanan publik menuai dukungan dari masyarakat,ini merupakan langka cabinet JOKOWI-JK,selalu bersedia menerima masukkan dari seluruh rakyat Indonesia.

Serta bertujuan agar Publik dapat memberikan penilaian positif,tentang kinerja kabinet pemerintahnya,termasuk di bidang kesejahteraan sosial selama enam bulan terakhir,terutama dalam menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan. Dikutip di TRIBUNNEWS/DANY PERMANA.

Disampaikan pula bahwa ketika kondisi ekonomi sebuah pemerintahan dinilai tidak memuaskan, umumnya akan diikuti dengan naiknya ketidakpuasan publik pada kinerja bidang kesejahteraan sosial. Namun, ada perbedaan untuk enam bulan periode pemerintahan Jokowi-Kalla.

Angka penilaian pada bulan keenam ini tidak berbanding lurus dengan penilaian kinerja pemerintah di bidang ekonomi yang melorot.

Sebagaimana diulas pada tulisan evaluasi pemerintahan Jokowi-Kalla bidang ekonomi (Kompas, 29/4), hanya 25,4 persen responden yang menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah di bidang ekonomi. Hampir tiga perempat bagian responden menyatakan ketidakpuasannya.

Namun, hasil survei tatap muka yang dilakukan Litbang Kompas, pertengahan April lalu, mencatat, rata-rata tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di bidang kesejahteraan sosial (kesos) justru mencapai 61,9 persen.

Lebih lanjut Proporsi ini hampir sama dengan penilaian kinerja pemerintah pada triwulan pertama Januari 2015.

Jika ditelusuri lebih lanjut, kinerja pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan jadi penopang apresiasi positif oleh publik. Setidaknya dari dua kali survei, yaitu di era tiga bulan dan enam bulan pemerintahan, kedua bidang ini mendapatkan apresiasi yang relatif tinggi dengan rata-rata sebanyak 64 persen responden menyatakan puas pada kinerja pemerintah.

Sejumlah indikator yang berdekatan, yakni pemenuhan kebutuhan pokok sebagai isu di bidang ekonomi serta pemenuhan kebutuhan sosial, seperti pendidikan dan kesehatan, boleh jadi memicu sentimen publik yang sama pada kedua bidang ini.

Bedanya, isu ekonomi dipenuhi oleh sentimen negatif berupa kenaikan tarif dan harga kebutuhan, sementara isu bidang pendidikan dan kesehatan justru sebaliknya, yaitu terjadi "penggratisan" oleh negara.

Jika dibandingkan dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono,penilaian bidang kesos di enam bulan pertama pemerintahan Jokowi-Kalla lebih baik daripada pencapaian SBY-Kalla (2004-2009).
Pada era SBY-Kalla, bidang kesos hanya diapresiasi 41,4 persen responden. Proporsi penilaian yang sama terjadi di enam bulan periode pemerintahan SBY-Boediono (2009-2014) saat tingkat kepuasan berkisar 45 persen.

Selain itu kitapun patut melihat dengan relatif kuatnya penilaian atas kinerja kesos pemerintahan Jokowi-Kalla,dan saat ini sudah ditopang pula dengan kondisi sosial yang secara umum relatif aman dan terkendali.

Itu diakibatkan ketidakpuasan terhadap sejumlah langkah hukum dan harga kebutuhan pokok belum membuat publik pupus harapan dan kepercayaan pada langkah-langkah pemerintah. (rs-Y w).

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.