-->

SPIRITNEWS BERITANYA: LUGAS, JUJUR DAN DAPAT DIPERCAYA

**** SPIRITNEWS "AYO KITA MEMILIH PEMIMPIN YANG PEDULI KEPENTINGAN RAKYAT DAN YANG MENGUTAMAKAN KEBUTUHAN RAKYAT , " ****
Syahrul YL Resmian Monumen Pahlawan Budaya Colliq Pujie
Syahrul YL Resmian Monumen Pahlawan Budaya Colliq Pujie

Syahrul YL Resmian Monumen Pahlawan Budaya Colliq Pujie




Spirit Barru.Com.-Monumen Pahlawan Budaya Colliq PujiE di Kabupaten Barru,itu salah seorang ilmuwan,sastrawan dan sejarawan yang dilahirkan oleh tradisi besar masyarakat Bugis yang telah melahirkan karya asli dan memiliki cita rasa sastra yang tinggi. Salah satu jasanya berupa karya besar yang tidak dapat terlupakan adalah salinan tangannya tentang La Galigo sebanyak 12 jilid yang terdiri dari 300.000 bait.
Naskah La Galigo merupakan karya sastra terpanjang didunia yang kini tersimpan di Perpustakaan Universitas Leiden Netherlands “.
Demikian sepenggal sejarah singkat Pahlawan Budaya Colliq PujiE yang menjadi dasar pemikiran sehingga sudah sewajarnya pemerintah memberikan penghargaan berupa gelar Pahlawan Budaya sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya dalam bidang kebudayaan.
Untuk itu dianggap sangatlah penting Pemerintah Kabupaten Barru membangun Monumen Colliq PujiE sebagai wujud apresiasi Pemerintah Kabupaten Barru terhadap jasa-jasa dari Pahlawan Budaya Colliq PujiE, yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH.
Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, Ibu Wakil Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Ir. Hj. Majdah Agus Arifin Nu’mang, M.Si, Bupati Barru Ir.H. Andi Idris Syukur, MS, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, Hj. Andi Citta Mariogi Idris, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Barru beserta Tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Barru.
Semenatar Karya besar Colliq PujiE menjadi sumber referensi bagi banyak ilmuwan yang ingin mempelajari kehidupan sosial budaya dan sejarah masyarakat Bugis serta telah diadaptasi dalam bentuk Teater Tari yang dipentaskan di beberapa kota besar di dunia.
Dijelaskan pula bahwa karya penting lainnya adalad Elong, Sejarah Tanete dan Syair Sureq Baweng. Beliau juga menyuadur bebrapa karya asing baik dari Persia maupun Melayu dan menciptakan aksara Bilang-bilang.
Dan selain itu yang sangat terkenal dan sangat indah menurut pakar adalah saduran beliau tentang Hikayat Budiman.
Acara peresmian Monumen Colliq PujiE ini diawali dengan Pagelaran Fragmen Colliq PujiE oleh Teater Binaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Barru yang dipimpin oleh Ibu Hj. Andi Tenri Seno Pieter, dan ditengah acara tampil pula Majelis Anak Shaleh yang merupakan binaan dari ibu Dr. Ir. Hj. Majdah Agus Arifin Nu’mang, M.Si dengan membawakan sebuah lagu berjudul Sadaqah.
Dalam sambutannya,
Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan dalam sambutannya memberikan apresiasi dengan pagelaran Colliq PujiE dia juga berharap agar terus berlatih dan terus di pertontonkan ke masyarakat sehingga seni budaya daerah tidak luntur oleh perkembangan zaman yang semakin modern, dan beliau berharap agar  teater Binaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Barru dapat tampil pula  di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Dijelaskan Bupati Barru,Monumen Colliq PujiE ditempatkan pada lokasi strategis agar setiap orang dapat mengetahui perannya dalam memajukan kebudayaan khususnya budaya masyarakat Bugis.
Sebagai warisan sejarah dan budaya maka upaya yang telah dilakukan oleh Colliq PujiE merupakan catatan perjalanan kehidupan yang sangat bernilai sudah selayaknya menjadikannya sebagai referensi untuk mengisi ruang-ruang sejarah di masa yang akan datang, dan beliau mengatakan pula bahwa di alun-alun kota Barru akan dibangun fasilitas olahraga seperti lapangan basket, panjat tebing dan bahkan gedung yang dapat digunakan untuk pagelaran Fragmen Colliq PujiE yang dijadwalakan secara kontinyu sehingga lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas .
Peresmian Monumen Colliq PujiE dirangkaikan dengan penyerahan bantuan 2 unit kendaraan bermotor operasional kebersihan dari PT. Bank BNI 46 serta penyerahan bantuan 1 unit mobil truck operasional kebersihan dari PT. Bank Sulselbar kepada Pemerintah Kabupaten Barru.
Ditambahkan bahwa diakhir kegiatan diacara peresmian tersebut dengan penyerahan cenderamata berupa cincin batu lokal Kabupaten Barru, yang  diserahkan oleh Bupati Barru kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan,merupakan rentetan kegiatan dari Peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-55 ditahun 2015.(At-Rs).
           

Baca juga:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.